Rentan Terpapar Covid-19, Petugas Medis Diprioritaskan Jalani Rapid Test

Peristiwa  KAMIS, 26 MARET 2020 , 20:11:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Rentan Terpapar Covid-19, Petugas Medis Diprioritaskan Jalani Rapid Test

Dwi Okravia/Ist

Jumlah pasien positif Covid-19 terus meningkat setiap harinya. Bahkan tidak sedikit tenaga medis di Jakarta yang ikut terpapar virus mematikan asal Wuhan, China tersebut.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia mengatakan, para tenaga medis di Jakarta akan diprioritaskan melakukan tes Covid-19 dengan menggunakan rapid test.

Sehingga melalui pemeriksaan rapid test ini, bisa mengetahui status antibodi dari petugas kesehatan tersebut

"Rapid test ini kita konsentrasikan dahulu untuk tenaga kesehatan yang selama ini sudah melakukan pelayanan untuk pasien di rumah sakit atau puskesmas," ujar Dwi di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (26/3).

Dwi melanjutkan, rapid test juga digunakan dalam rangka mempercepat contact tracing ke masyarakat. Artinya setelah mendapatkan informasi baik ODP maupun PDP, maka akan di tindaklanjuti mencari riwayat kontaknya.

"Jadi nanti pada saat pemeriksaan rapid test dilakukan, hasil rapid test yang menunjukkan hasil negatif akan dilakukan pengujian ulang setelah beberapa waktu tertentu. Sementara untuk hasil rapid test yang positif juga akan dilakukan pemeriksaan (lanjutan)," tandasnya.

Untuk diketahui, 50 tenaga medis yang menangani kasus Covid-19 dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Mereka tersebar di 24 rumah sakit di Jakarta.[dod]

Komentar Pembaca
Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

JUM'AT, 07 FEBRUARI 2020 , 14:33:00

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 10:50:00

Penyuluhan Corona Di CFD

Penyuluhan Corona Di CFD

MINGGU, 08 MARET 2020 , 08:59:00