DPR Isyaratkan BG Jadi Wakapolri

Nasional  SELASA, 07 APRIL 2015 , 11:53:00 WIB

DPR Isyaratkan BG Jadi Wakapolri

BUDI GUNAWAN/IST

RMOL. Setelah internal kepolisian sendiri mengakui Komjen Pol Budi Gunawan (BG) akan menempati pos Wakapolri, kini sinyal kuat skenario itu juga disampaikan pimpinan DPR RI, yang telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin (Senin, 6/4).

Dari pembicaraan tersebut, Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah mengatakan, Jokowi ingin mengembalikan nama baik Komjen BG yang sempat dijadikan tersangka, namun menang di praperadilan.

"Saya kira perlu diluruskan, yang dominan diusulkan anggota adalah jaga harga diri BG karena bebas di pengadilan. Presiden katakan BG ditempatkan di karir yang layak," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR RI sebagaimana dilansir RMOL.co, Selasa (7/4).

Artinya, kata Fahri, jika tidak memungkinkan dijadikan Kapolri, maka posisi yang layak untuk BG adalah Wakapolri.

"Harusnya jadi Kapolri, tapi karena ada alasan lain-lain, ya jadi kewenangan presiden. Tapi tetap, harus dinyatakan BG bebas dari pengadilan dan dia berhak ditempatkan pada posisi yang layak," tegasnya.

Sementara Anggota Fraksi NasDem DPR, Patrice Rio Capella menyebut, kapabilitas Komjen BG tak perlu diragukan lagi. Terlebih, eks Kalemdikpol itu lolos fit and proper tes di Komisi III.

"Jadi Kapolri saja dia layak, apalagi Wakapolri. Dia ada masalah, tapi dimenangkan di praperadilan. Kalau Pak BG kemudian diusulkan sebagai Wakapolri, suasana akan jadi lebih baik di kalangan internal Polri," yakinnya. [tah]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00