Hasto Dinilai Layak Jadi Sekjen PDIP

Nasional  SABTU, 11 APRIL 2015 , 17:44:00 WIB

Hasto Dinilai Layak Jadi Sekjen PDIP

HASTO KRISTIYANTO/IST

RMOL. Jawaban yang paling ditunggu publik terkait siapa yang paling pantas menjadi Sekjen mendampingi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam memimpin partai berlambang banteng itu untuk lima tahun ke depan akhirnya terjawab.

Hasto Kristiyanto ditunjuk oleh putri Proklamator RI Bung Karno tersebut untuk menjadi sekjen PDIP periode 2015-2020. Pemilihan Hasto dilakukan pada saat Kongres IV PDI Perjuangan di Bali.

"Memang, di antara kader terbaik PDIP saat ini hanya Hasto Kristiyanto yang paling layak untuk mendampingi Megawati sebagai Sekjen dibanding nama-nama pesohor lainnya seperti Pramono Anung (Mantan Wakil Ketua DPR) atau Ahmad Basarah (Wasekjen PDIP)," kata Pengamat Politik Universitas Jayabaya Igor Dirgantara, di Jakarta, Sabtu (11/4).

Igor menjelaskan, kedekatan Ketum PDIP terhadap Hasto mulai mencuat ketika Megawati tanpa ragu menunjuknya sebagai Pelaksana Tugas Sekjen menggantikan Tjahjo Kumolo yang mundur, setelah diangkat Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Dalam Negeri.

"Di banding elit PDIP terkemuka lainnya, Hasto punya kompetensi dan kedekatan yang lebih baik terhadap Megawati. Tipe Hasto adalah administrator dan cakap dalam melakukan komunikasi politik kepada publik," tutur Igor.

Direktur Survey & Polling Indonesia (SPIN) ini juga menuturkan Hasto sangat cocok mendampingi Megawati yang bertipe pemersatu kader (solidarity maker). Apalagi sebagai kader PDI Perjuangan, Hasto adalah salah satu sosok yang paling memahami visi dan misi perjuangan dari Megawati secara utuh.

Bahkan, lanjut dia, aktivitas Hasto di PDI Perjuangan pun dikenal cukup aktif sebagai fungsionaris dengan masa penugasan jabatan di atas lima tahun.

"'Lack of communication' antara Presiden dengan PDIP bisa lebih baik dari sebelumnya, karena Hasto adalah mantan anggota Tim Transisi Joko Widodo. Loyalitas, track record dan integritas Hasto terhadap PDIP juga punya poin yang plus-plus," imbuhnya.

Karena itu lanjut dia, keberanian Hasto untuk membela kepentingan PDIP bisa diacungkan jempol, seperti saat mengkritik tajam Abraham Samad saat menjabat Ketua KPK.

"Hasto adalah contoh sosok petugas partai yang baik bagi PDIP pada umumnya, dan bagi Ibu Megawati pada khususnya," tandasnya. [jpn/adm]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00