TNI akan Bentuk Komando Gabungan Pasukan Khusus

Polhukam  RABU, 29 APRIL 2015 , 18:20:00 WIB | LAPORAN:

TNI akan Bentuk Komando Gabungan Pasukan Khusus

IST

RMOL. Guna pengembangan kemampuan dan optimalisasi operasionalisasi Kopassus dan pasukan khusus TNI lainnya, TNI akan membentuk Komando Gabungan Pasukan Khusus. Pernyataan ini disampaikan Panglima TNI, Jenderal Moeldoko, dalam kata sambutannya saat syukuran perayaan HUT Kopassus ke-63, di markas baret merah, Cijantung, Jakarta Timur.

"Langkah ini merupakan bagian dari optimalisasi Interoperability TNI, sekaligus sebagai kekuatan stand by force TNI dalam penanggulangan terorisme," kata Panglima TNI, Jenderal Moeldoko, Rabu (29/4).
 
Namun, lanjutnya, keberadaan Komando gabungan tersebut, tidak mereduksi atau bahkan melikuidasi keberadaan Kopassus secara struktural, sebagai bagian dari pembinaan Angkatan Darat.

Keberadaan Kopassus pada Komando Gabungan Pasukan Khusus TNI, jelasnya, direpresentasikan oleh Satuan Delapan Satu, untuk menjadi kekuatan Trimatra terpadu, bersama Detasemen Jalamangkara TNI AL dan Detasemen Bravo TNI AU, yang diformat dalam satuan tugas atau task force, dengan paket rotasi periodisasi penugasan.

"Adapun Staf struktural permanen hanya pada tingkat Komando Operasi yang berkedudukan di bawah Markas Besar TNI," terang Moeldoko.
 
Dibagian lain, Panglima TNI juga berharap Kopassus dan segenap prajurit Kopassus, untuk terus mengembangkan kepemimpinan lapangan, serta senantiasa menjaga soliditas, disiplin dan loyalitas yang tinggi.

"Soliditas, disiplin dan loyalitas yang tinggi adalah karakter prajurit Komando Pasukan Khusus TNI," ungkapnya.

Moeldoko juga menekankan agar Kopassus terus mengembangkan kreativitas dalam peningkatan kapabilitas dan keterampilan keprajuritan, dengan jiwa dan semangat juang kebangsaan.

"Kita tidak ingin memiliki prajurit TNI seperti boneka dalam etalase, yang baik di raga tetapi kosong di jiwanya," pungkas. [zul]


Komentar Pembaca
Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

JUM'AT, 14 AGUSTUS 2020 , 06:40:00

Terpeleset, Pesepeda Tewas Di Bendungan Tiu

Terpeleset, Pesepeda Tewas Di Bendungan Tiu

RABU, 29 JULI 2020 , 10:05:00

Gedung DPRD DKI Disemprot Disinfektan

Gedung DPRD DKI Disemprot Disinfektan

RABU, 29 JULI 2020 , 13:29:00