Erupsi Sinabung Harus Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

Nasional  SENIN, 04 MEI 2015 , 08:38:00 WIB | LAPORAN:

Erupsi Sinabung Harus Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

ILUSTRASI/IST

RMOL. Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah meminta pemerintah segera menetapkan status bencana nasional terhadap erupsi Gunung Sinabung, Sumatera Utara.

Bahkan Fahri mengungkapkan, pihaknya juga mendorong pemerintah segera mengabulkan proposal rekonstruksi yang diajukan Pemerintah Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, terkait erupsi Gunung Sinabung.

"Melihat dampak erupsi Sinabung yang masih berlangsung hingga saat ini, sudah saatnya pemerintah menetapkannya sebagai bencana nasional," kata Fahri, Minggu (3/5).

Menurutnya, jika pemerintah tidak menetapkan sebagai bencana nasional, maka proposal yang diajukan Pemkab Tanah Karo harus segera ditindaklanjuti.

"Dengan demikian, pemerintah pusat harus memberikan dukungan anggaran secara penuh. DPR juga akan mendengar dari pemkab dan pemprov, seperti apa proposal mereka," kata Fahri.

Bila pemerintah sudah membahas proposal tersebut namun belum juga menetapkan status bencana nasional, maka DPR akan mengejarnya. Sehingga, dapat masuk ke APBN 2016.

"Bisa saja pemerintah tidak menetapkannya sebagai bencana nasional dan mempercayakannya kepada daerah untuk menangani. Namun jika hal itu dilakukan, maka sama saja membuat daerah yag terdampak erupsi Sinabung kelabakan," kata politikus PKS ini.

Pemkab menurut Fahri, tentu tidak bisa menanggung semua anggaran bencana di daerahnya sendirian. Karenanya, bila pemerintah tidak menetapkannya sebagai bencana nasional, maka anggarannya harus diambilkan melalui APBN.

"Selama ini, penanganan bencana tidak pernah tuntas. Selain itu, penanganan juga berlangsung secara sektoral," tukasnya. [tah]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00