HARLAH PANCASILA

Pidato Surya Paloh 2012 Diputar Lagi

Surya Paloh: Pancasila, Ya Pancasila

Polhukam  SENIN, 01 JUNI 2015 , 11:40:00 WIB | LAPORAN:

RMOL. Ketua Umum DPP NasDem, Surya Paloh mengatakan, Pancasila didengungkan dari perenungan yang cukup panjang oleh pendiri bangsa. Akarnya, nilai luhur budaya bangsa yang beraneka ragam.

Pernyataan tersebut dilontarkannya dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila di Monas, Jakarta, 3 Juni 2012 silam. Namun, diputar kembali dalam kegiatan senada bertajuk Apel Siaga Garda Pemuda (GP) NasDem di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, pagi ini (Senin, 1/6).

"Budaya bangsa yang beraneka ragam suku, etnis, agama, dan ras. Itu yang kita kenal sebagai pluralisme. Artinya, pluralisme adalah Pancasila. Pancasila adalah pluralisme," ujarnya.

Dengan demikian, kata bos Media Grup ini, Pancasila tak berkiblat pada deklarasi kemerdekaan Amerika yang cenderung 'bernafaskan' liberalisme.

"Pancasila, ya Pancasila. Tapi, Pancasila juga bukan kelanjutan Manifesto Komunis yang mengagung-agungkan sosialisme," tegasnya.

Bahkan, menurut Surya Paloh, Indonesia pernah menjadi bangsa yang hebat dan memiliki kepercayaan diri yang luar biasa. Sebab, Pancasila pernah coba ditawarkan ke dunia internasional.

"Oleh Bung Karno melalui sidang umum PBB. Luar biasa. Ini membangkitkan semangat Indonesia. inilah sejarah yang tercatat," imbuh politikus kelahiran Aceh itu.[arp]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00