DPR Minta Menteri Susi Tindak Pengeruk Pasir untuk Reklamasi Teluk Jakarta

Peristiwa  JUM'AT, 05 JUNI 2015 , 20:50:00 WIB

DPR Minta Menteri Susi Tindak Pengeruk Pasir untuk Reklamasi Teluk Jakarta

ilustrasi/ist

RMOL. Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengecam aktivitas pengerukan pasir di wilayah perairan Pulau Pari, Kepulauan Seribu oleh Kapal Cristobal Colon. Mereka pun meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan menghentikan tindakan tersebut.

"Kementerian Kelautan dan Perikanan harus tegas dalam menyikapi aktivitas pengerukan pasir di pulau-pulau kecil (PPK) di Kepulauan Seribu. Kalau tidak ada izinnya, aktivitas itu harus segera dihentikan," kata Anggota Komisi IV DPR yang membidangi kelautan dan perikanan, Ichsan Firdaus di gedung DPR Jakarta, Jumat (5/6).

Menurutnya, kementerian yang kini dipimpin Susi Pudjiastuti itu punya wewenang untuk menindak tegas aktivitas pengerukan pasir. Dasarnya adalah UU Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil dan  Peraturan Presiden Nomor 122 tahun 2012 entang Reklamasi di Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil.

"Wilayah yang dikeruk itu termasuk dalam cagar alam dan kawasan strategis nasional yang harus dilindungi," ungkap Ichsan.  

Undang-undang, lanjutnya, mengamanatkan agar mengutamakan kepentingan ekologis dan ekonomis secara menyeluruh dan terpadu dalam pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.

Ironisnya, kata politikus Golkar itu, aktivitas pengerukan pasir oleh Kapal Cristobal Colon yang sudah lama beroperasi mengakibatkan sudah ada 5 pulau di Kepulauan Seribu yang hilang.
 
Ichsan menilai, pengerukan pasir itu hanya demi keuntungan perusahaan pengembang properti yang hendak mereklamasi wilayah Teluk Jakarta. Reklamasi itu untuk pembuatan 17 pulau yang akan digunakan sebagai hunian elite. [jpn/zul]



Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Kopassus-Koopsus TNI Gelar Olahraga Bersama Di Makopassus Cijantung
Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00