Di Bawah Kepemimpinan Prasetio, Warga Beri DPRD Rapor Merah

Polhukam  SELASA, 16 JUNI 2015 , 21:45:00 WIB | LAPORAN:

Di Bawah Kepemimpinan Prasetio, Warga Beri DPRD Rapor Merah

prasetio edi marsudi/ist

RMOL. Tingkat kepuasan warga DKI terhadap kinerja DPRD sangat rendah, yakni hanya 12,4 persen dari 500 responden yang menyatakan demikian, sebagaimana hasil survei Periskop Data.

"Yang tidak puas mencapai 57,2 persen dan yang tidak jawab 30,4 persen," ujar Direktur Eksekutif Periskop Data, M Yusuf Kosim saat memaparkan hasil risetnya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/6).

Ditinjau berdasarkan kinerja, baik legislasi, pengawasan, maupun penganggaran, mayoritas warga DKI pun menyatakan tak puas kepada DPRD yang dipimpin Prasetio Edi Marsudi. Dalam pembuatan peraturan daerah (perda) misalnya, yang mengaku puas hanya 14,2 persen dan 51,8 persen lainnya memilih sebaliknya.

Dalam membuat rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD), yang menjawab puas 12,4 persen dan 57,8 persen menyatakan sebaliknya. Sedangkan dalam fungsi pengawasan, hanya 13,4 persen memilih puas dan 51,8 persen mengaku tidak puas.

"Kinerja DPRD DKI Jakarta atau kinerja fraksi-fraksi di DPRD DKI Jakarta diberi rapot oleh publik adalah merah," bebernya.

Untuk melakukan kajian yang digelar sejak 1-7 Juni dengan melibatkan 500 responden di enam wilayah DKI ini, Periskop Data memakai metode multistage random sampling. Adapun tingkat kesalahan sekira 4,4 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. [zul]



Komentar Pembaca