Sekda Sebut Jalur LRT DKI dan Kemenhub Akan Berhubungan

Ekonomi  SABTU, 22 AGUSTUS 2015 , 00:30:00 WIB

Sekda Sebut Jalur LRT DKI dan Kemenhub Akan Berhubungan

lrt/ist

RMOL. Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah menjelaskan, jalur light rail transit (LRT) yang dibangun oleh Pemprov DKI direncanakan akan terhubung dengan jalur yang dibangun oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Menurut Saefullah, jalur LRT yang dibangun oleh Kemenhub adalah jalur yang akan melayani kawasan-kawasan penyangga. Adapun wilayah yang dipilih kemungkinan besar adalah Tangerang dan Bogor.

"Antara yang DKI dan pusat nyambung semuanya. Nanti LRT-nya sampai Tangerang dan Bogor. Nanti lelangnya akan diarahkan ke Kemenhub. Kalau hanya DKI saja nanti tidak bisa ke Tangerang dan Bogor," kata dia di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (21/8).

Saefullah mengatakan dengan adanya tambahan proyek milik Kemenhub, maka jumlah total koridor LRT yang akan beroperasi di area Jakarta dan sekitarnya mencapai sembilan koridor, di mana tujuh koridor adalah koridor yang sebelumnya telah direncanakan oleh Pemprov DKI.

"Kita harap nanti masing-masing koridor enggak berdiri sendiri. Keretanya tidak hanya untuk koridor 1. Kalau koridor 2 dan 3-nya nanti perlu bantuan, bisa bantu ke sana jadi saling terkoneksi," ujar Saefullah.

Ketujuh rute yang akan dibangun oleh Pemprov DKI, meliputi Kebayoran Lama-Kelapa Gading (21,6 Km); Tanah Abang-Pulo Mas (17,6 km); Joglo-Tanah Abang (11 km); Puri Kembangan-Tanah Abang (9,3 km); Pesing-Kelapa Gading (20,7 km); Pesing-Bandara Soekarno Hatta (18,5 Km); dan Cempaka Putih-Ancol (10 km).

Anggaran yang dibutuhkan untuk tiap satu rute adalah sekitar Rp 7,5 triliun. [prs]



Komentar Pembaca
Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 10:50:00

Penyuluhan Corona Di CFD

Penyuluhan Corona Di CFD

MINGGU, 08 MARET 2020 , 08:59:00

Cek Suhu Tubuh PNS Pemprov DKI Jakarta

Cek Suhu Tubuh PNS Pemprov DKI Jakarta

RABU, 04 MARET 2020 , 10:02:00