Dianggap Gagal Urus Lalin, ITW Minta Kinerja Dirlantas Polda Metro Dievaluasi

Polhukam  SENIN, 24 AGUSTUS 2015 , 14:10:00 WIB | LAPORAN:

Dianggap Gagal Urus Lalin, ITW Minta Kinerja Dirlantas Polda Metro Dievaluasi

ist

RMOL. Indonesia Traffic Watch (ITW) meminta Kapolri Jenderal Badroidin Haiti dan Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian untuk mengevaluasi kinerja Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Risyapudin Nursin, yang sudah menjabat hampir satu tahun.

"Sudah menjabat hampir satu tahun tapi belum ada upaya yang signifikan untuk membenahi masalah lalu lintas seperti kemacetan dan ketertiban di Jakarta," kata Ketua Presidium ITW, Edison Siahaan, Senin (24/8).

Padahal, Edison melanjutkan, Polri berkewajiban mewujudkan Keamanan, Keselamatan,Ketertiban Kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas. Termasuk Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, harus secara terus menerus melakukan upaya meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas masyarakat ibukota dan sekitarnya.

Faktanya, pelanggaran rambu dan aturan merupakan peristiwa yang biasa terjadi di hampir seluruh ruas jalan dan traffic light di Jakarta. Kemacetan juga nyaris tak dapat dikendalikan, sehingga Jakarta seakan tidak memiliki Polantas.

"Padahal, dampak kemacetan sangat membahayakan terhadap produktiftas masyarakat. Pelanggaran lalu lintas cikal bakal terjadinya kecelakaan, tapi semua serasa terbiarkan," ujar Edison.

Apalagi Kombes Risyapudin Nursin ditunjuk oleh Gubernur DKI Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) sebagai ketua Pokja Tertib Berlalu Lintas yang merupakan bagian dari lima program Tertib Pemprov DKI  Jakarta.

Sayangnya, dua jabatan yang dipercayakan kepada Kombes Risyapudin Nursin tak membawa perubahan signifikan terwujudnya Kamseltibcar lalu lintas.

Untuk itu, ITW berharap pimpinan Polri menempatkan perwira yang betul-betul memahami permasalahan lalu lintas di Jakarta. Sehingga bisa menentukan kebijakan yang tepat untuk mengurai kemacetan yang sudah sangat kronis.

ITW juga mengingatkan, perwira Polri yang menduduki jabatan Direktur Lalu Lintas Polda Metro, harus mampu melakukan terobosan dan memiliki inovasi serta kreatif untuk menyelesaikan permasalahan lalu lintas ibukota Jakarta.

"Seharusnya pimpinan itu membawa perubahan yang mengarah pada perbaikan," tegas Edison. [zul]

Komentar Pembaca
Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 10:50:00

Penyuluhan Corona Di CFD

Penyuluhan Corona Di CFD

MINGGU, 08 MARET 2020 , 08:59:00

Cek Suhu Tubuh PNS Pemprov DKI Jakarta

Cek Suhu Tubuh PNS Pemprov DKI Jakarta

RABU, 04 MARET 2020 , 10:02:00