Ketum Hipmi Tantang Pemerintah Ambil Kebijakan Tak Populer

Bisnis  MINGGU, 30 AGUSTUS 2015 , 19:22:00 WIB

Ketum Hipmi Tantang Pemerintah Ambil Kebijakan Tak Populer

ist

RMOL. Ketua Umum BPP Hipmi Bahlil Lahadalia menantang pemerintah berani mengambil kebijakan yang dapat memulihkan perekonomian, meski kebijakan tersebut kemudian tidak populer.

Misalnya masalah pertambangan, kepastian hukum, serapan anggaran, ketatnya regulasi di perikanan, hambatan-hambatan ekspor, dan fiskal.

"Di sektor-sektor ini harus dideregulasi atau pelonggaran, relaksasi dan sejenisnya. Yang terjadi sekarang terjadi pengetatan dimana-mana. Mana ada investor berminat," kata Bahlil di Jakarta, Minggu (30/8).

Bahlil mengatakan, faktor ini yang memperkuat ekspektasi akan perlambatan ekonomi nasional sehingga pasar masih melihat fundamental ekonomi Indonesia masih melemah ke depan. Bahlil menilai meski pasar global bergejolak, semestinya perekonomian masih dapat tertolong dengan memperkuat dan menjaga pasar domestik. Pasalnya, pasar domestik ukurannya sangat besar dan terbukti mampu menopang perekonomian saat krisis keuangan pada 2008.

"Masalahnya pasar domestik ini tidak terjaga dan ikut melemah dari sisi demand. Apalagi belanja modal pemerintah sangat lambat," ujarnya.

Hipmi percaya bila ada terobosan baru maka kebijakan itu akan memberi sentimen positif bagi pemerintah. Perekonomian nasional hanya dipengaruhi dua hal pertama, kondisi pasar global secara eksternal dimana semua negara yang terintegrasi dalam perekonomian global, ikut terkoreksi dan kedua penguatan fundamental ekonomi Indonesia di sektor riil.

"Yang pertama bukan kedaulatan ekonomi kita (economic sovereignty) dan kedua dalam kedaulatan ekonomi kita. Kita konsen saja urus yang di dalam, fundamentalnya diperbaiki," pungkasnya. [jpn/zul]


Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Kopassus-Koopsus TNI Gelar Olahraga Bersama Di Makopassus Cijantung
Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00