Proyek LRT Terhenti Sementara Waktu

Peristiwa  SELASA, 29 SEPTEMBER 2015 , 10:31:00 WIB

Proyek LRT Terhenti Sementara Waktu

ist

RMOL. Proyek light rail transit (LRT) terhenti untuk sementara waktu, lantaran belum mengantongi beberapa izin dan ada masalah teknis. Padahal, telah diresmikan 9 Semptember lalu.

Akibatnya, alat berat seperti crane tidak dioperasikan. Bahkan, hanya ada terlihat beberapa pekerja berada di lokasi proyek.

Kepala Pelaksana Proyek dari PT Adhi Karya, Endar Tri Prakoso mengatakan, proyek pembangunan rute Cibubur-Cawang di Jalan TMII I, Jakarta Timur, terpaksa terhenti, lantaran terkendala perizinan dan utilitas di bawah tanah.

Untuk itu, pihaknya kini tengah mengurus proses perizinan penebangan pohon di jalur LRT kepada Pemerintah Kota Jakarta Timur.

"Masih dilakukan inventarisasi, pohon mana yang akan ditebang," ujarnya. PT Jasa Marga selaku pemilik lahan telah menyetujui penebangan tersebut, selama mengantongi izin dari Pemkot Jaktim.

Menurut Endar, seluruh pohon yang berada di jalur moda transportasi berbasis rel tersebut bakal ditebang. "Kita enggak mungkin gunakan jalur tol," jelasnya.

Kendala lain adalah piga gas dan jaringan fiber optik di dalam tanah serta izin mendirikan bangunan (IMB).

Berdasarkan hasil identifikasi, pembangunan bisa dilanjutkan tanpa mengganggu pipa gas. Sedangkan kabel optik, rencananya bakal dipindahkan. "Sambil berjalan proyeknya," kata Endar.

IMB diperlukan, lantaran lokasi tersebut nantinnya bakal dibangun stasiun LRT. "Khusus area di sini, kita masih terkendala pengalihan aset," tandasnya. [tah]


Komentar Pembaca
Tower Di Lahan Fasum

Tower Di Lahan Fasum

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:29:00

Wagub Cek Protokol Kesehatan Di Mal Kelapa Gading
Dini Hari, Ariza Cek Rob Di Kawasan Perumahan Ahok