Pulau Surya Paloh Kembali Dibuka, Ini Isinya

Peristiwa  SABTU, 31 OKTOBER 2015 , 10:10:00 WIB

Pulau Surya Paloh Kembali Dibuka, Ini Isinya

surya paloh/ist

RMOL. Pulau Kalu Age yang merupakan milik Surya Paloh di Kepulauan Seribu mencuat dalam beberapa waktu belakangan. Setelah sempat disegel pemerintah daerah Kepulauan Seribu, kini pulau tersebut kembali dibuka.

Bupati Pulau Seribu Budi Utomo menyatakan, hanya ada sebuah bangunan untuk peristirahatan di pulau milik Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

"Enggak ada apa-apa. Cuma bangunan saja buat peristirahatan, kayak villa kalau di daratan," kata Budi saat dihubungi, Jumat (30/10).

Budi mengatakan, sebuah pulau memang bisa dibeli oleh masyarakat. "Yang namanya pulau-pulau itu kan ada yang namanya hak girik bagi masyarakat yang diperjualbelikan, penguasaan pulau. Itu harus melalui izin gubernur, namanya SIPPT (Surat Izin Penunjukan Penggunaan Tanah)," ucapnya.

Meski telah dibeli seseorang, Budi menyatakan, pulau tersebut masih bisa dikunjungi oleh masyarakat. ‎Sebab, ada ketentuan sebanyak 40 persen wilayah pulau yang dimiliki bisa diakses publik.

"‎Kalau bersantai di pantai boleh, kan milik publik. Kalau masuk properti pelanggaran. Sama saja kayak kalau punya villa, nanti bisa dikira maling," ujar Budi.

Budi mengaku, tidak mengetahui harga pulau milik Surya. "Hitungan itu di Dinas Pajak," ‎ungkapnya. [jpn/zul]


Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Tower Di Lahan Fasum

Tower Di Lahan Fasum

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:29:00