BI: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Cenderung Stabil

Bisnis  JUM'AT, 06 NOVEMBER 2015 , 23:24:00 WIB | LAPORAN:

BI: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Cenderung Stabil

ilustrasi/ist

RMOL. Deputi Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara, mengatakan saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa dikatakan cenderung stabil. Pasalnya, angka pertumbuhan ekonomi periode Januari hingga akhir Oktober mencapai angka 4,73 persen.

"Pertumbuhan ekonomi masih stabil dikisaran 4,73 persen hingga akhir tahun," kata Mirza di Jakarta, Jumat (6/11).

Dikatakan Mirza, kondisi ekonomi saat ini memang sedikit berbeda dengan kondisi ekonomi dibawah tahun 2013 yang bisa mencapai angka hingga 6 persen. Menurutnya hal itu disebabkan oleh lesuhnya pertumbuhan ekonomi global.

"Memang pertumbuhan ekonomi kita berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya yang bisa mencapai angka 6 persen," ujarnya.

Lebih lanjut dipaparkan Mirza, angka inflasi Indonesia periode Januari hingga Oktober masih dikisaran 2,2 persen, pihak BI tetap optimis besaran inflasi indonesia tetap dibawah 3 persen hingga 4 persen.

"Artinya itu baik sekali bagi pertumbuhan ekonomi,  walaupun ada anggapan penurunan inflasi adalah penurunan rendahnya daya beli, memang pada kuartal ketiga  ada kenaikan konsumsi rumah tangga pemerintah. Namun yang turun adalah komunitas ekspor," paparnya.

Selain itu dikatakan Mirza,  melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia harus dilakukan peningkatan komunitas eksport, pasalnya angka ekspor dan import mengalami defisit dari sebesar 24 miliar US Dollar menjadi 19 milliar US Dollar pada tahun 2014.

Terkahir dikatakan Mirza, pihak swasta diminta berhati-hati terhadap pengelolahan hutang, karena saat ini hutang swasta lebih  besar dari hutang pemerintah. Namun pihak BI tetap berupaya untuk menjaga stabilitas bank dalam menjalankan usahanya. [prs]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Kopassus-Koopsus TNI Gelar Olahraga Bersama Di Makopassus Cijantung
Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00