Pelaku Usaha UMKM Layak Disematkan Gelar Pahlawan

Peristiwa  SELASA, 10 NOVEMBER 2015 , 13:38:00 WIB | LAPORAN:

Pelaku Usaha UMKM Layak Disematkan Gelar Pahlawan

melly/ist


RMOL. Sebagai penggerak ekonomi kerakyatan, sudah sepatutnya pelaku usaha UMKM layak disematkan sebagai pahlawan Ekonomi Indonesia.

Melly Kemala Winta Ketua Yayasan Koperasi Himpunan Pengusahan Mikro dan Kecil Indonesia (Hipmikindo) menuturkan, pelaku UMKM pahlawan ekonomi yang menjadi kunci roda perekonomian dan penentu kesejahteraan Indonesia. Pasalnya, sektor usaha ini lebih mengedepankan kearifan lokal serta Sumber Daya Manusia yang berasal dari Indonesia.

"Jadi dihari pahlawan ini sudah tepat kita sematkan gelar pahlawan ekonomi pada pelaku usaha UMKM," kata Melly saat berbincang dengan rmoljakarta, Selasa (10/11)

Apalagi, lanjutnya, pada tahun 2016 akan memasuki Masyarakat ekonomi Asea (MEA) sehingga harapannya pelaku UMKM dapat ikut bersaing dengan berbagai produk yang dihasilkannya.

"Jangan sampai kita jadikan MEA sebagai tantangan, melainkan sebagai peluang untuk meningkatkan dan memasarkan produk kita di pasar internasional," ujar Melly.

Untuk itu, kata Melly berharap pada Presiden Joko Widodo untuk memberikan perhatian lebih untuk meningkat daya saing pelaku UMKM.

"Seperti pendampingan pemberian modal, pelatihan dan lainya. Karena sektor UMKM terbukti efektif meningkatkan kesejahteraan rakyat dan ampuh menghadapi krisis global, terlebih pada Gubernur DKI Jakarta pak Ahok, agar lebih kreatif mengembangkan sektor UMKM" ujar Melly. [dka]




Komentar Pembaca