Proyek Bandara Lebak Ditolak Kemenhub, Pengembang Meradang

Kota Satelit  JUM'AT, 20 NOVEMBER 2015 , 10:48:00 WIB | LAPORAN:

Proyek Bandara Lebak Ditolak Kemenhub, Pengembang Meradang

dirut PT mris ishak (tengah)/rahman/rmoljakarta

RMOL. Harapan masyarakat Banten untuk hidup lebih layak dan memanfaatkan serta merasakan pembangunan di wilayahnya terkubur, menyusul dikeluarkannya SK Ditjen Perhubungan Udara No. A0102/3/15/DRJU.DPU.2015 tanggal 13 November lalu.

Sebab, SK tersebut menolak pembangunan Bandara Lebak, Banten, dengan alasan lokasinya tidak layak dan tak memenuhi syarat oprasional, lantaran ruang udara yang akan dibangun, memotong ruang udara Bandara Curug (Budiarto), wilayah latihan penerbangan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI).

Anggota DPD RI asal Banten, Ahmad Subadri, pun angkat bicara. Menurutnya, yang dimasalahkan Kemenhub tidak berdasar. Sebab, masalah teknis tersebut seharusnya masih bisa dibicarakan.

Apalagi, lanjutnya, dia pernah bertanya langsung dengan warga sekitar, seperti masyarakat setempat tidak pernah melihat adanya pesawat yang mengudara di wilayahnya.

"Saya bingung, kok yang dipermasalahkan tidak masuk akal? Ini menyangkut kesejahteraan rakyat," ujarnya.

Sementara itu, pengembang Bandara Lebak, Dirut PT Maja Raya Indah Semesta (MRIS) Ishak menilai, kebijakan Ditjen Perhubungan Udara sangat emosional. Pasalnya, keluar setelah ada protes dari masyarakat Banten di kemenhub, agar Menteri Jonan tak menggantung rencana pembangunan bandara.

"Ini banyak kecewa. Masyarakat kecewa dan kami kecewa. Tiba-tiba ada satu suara dari menteri untuk menolak. Ini tindakan yang emosional," keluhnya.

Ishak menambahkan, penolakan Kemenhub tersebut menunjukkan pemerintah tidak mengedepankan berkembangnya perekonomian rakyat.

"Kalau (penolakan) ini diteruskan, ini merugikan semua pihak. Apalagi, untuk ekonomi," tandasnya. [tah]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00