Fahri Sindir Ahok Seolah-olah Tak Butuh Partai

Polhukam  SENIN, 21 MARET 2016 , 23:35:00 WIB

Fahri Sindir Ahok Seolah-olah Tak Butuh Partai

fahri hamzah/ist

RMOL. Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menduga, pemerintah tak akan membiarkan DPR merevisi Undang-Undang Pilkada yang nantinya akan memberatkan syarat maju bagi calon independen.

Meski begitu Fahri menilai, tak boleh ada pihak yang meremehkan keberadaan partai politik (parpol) di Indonesia. Pasalnya, tidak ada negara demokratis yang tak membutuhkan parpol.

"Parpol itu mutlak di dalam tradisi demokrasi. Tidak boleh juga ada semangat antiparpol dan menganggap remeh parpol, dan menganggap parpol tidak punya masa depan. Itu cara berpikir keliru," kata Fahri di Gedung DPR RI, Senin (21/3).

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu memang mengakui adanya kekuatan yang berpikir untuk mengunggulkan calon independen. Cara berpikir itu harusnya dikoreksi karena orang-orang baik juga banyak di parpol.

"Jokowi produk parpol, baik lagi di Solo menjadi wali kota, baik di Jakarta, jadi gubernur tidak selesai, waktu jadi presiden juga semua karya parpol," sebutnya.

Calon gubernur DKI Jakarta petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok diminta untuk tak bersikap seolah-olah parpol di Indonesia tak penting. Ahok harus ingat bahwa kiprahnya di politik tak bisa dipisahkan dari parpol.

"Saudara Ahok itu meskipun dia berpindah-pindah partai dari satu partai ke Golkar, didukung Gerindra dan PDIP, tidak boleh kemudian seolah-olah dia enggak perlu partai, padahal dia semua lompat dari partai ke partai, jadi ini ironi yang tidak boleh terus dibiarkan," sindirnya. [prs]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00