Pemkot Jaktim Gelar Uji Emisi Kendaraan Bermotor

Jakarta Timur  RABU, 27 APRIL 2016 , 07:15:00 WIB | LAPORAN:

Pemkot Jaktim Gelar Uji Emisi Kendaraan Bermotor

walikota jaktim buka acara uji emisi kendaraan/suliman/rmoljakarta

RMOL. Pemerintah Kota Jakarta Timur menggelar acara uji emisi kendaraan bermotor di Kantor PT Antam, Pemuda Raya, Kelurahan Jatinegara Kaum, Kecamatan Pulogadung, pada Selasa (26/4).

Acara ini sendiri dibuka oleh Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana. Kegiatan yang diadakan secara gratis ini, berlangsung selama tiga hari.

Bambang mengatakan, kegiatan uji emisi kendaraan bermotor ini merupakan salah satu upaya untuk menciptakan udara kota Jakarta yang bersih.  

"Uji emisi ini positif dalam menciptakan udara kota Jakarta yang bersih dalam mewujudkan laingit biru. Untuk itu pemilik kendaraan harus secara rutin melakukan perawatan," kata dia.

Bambang menambahkan, kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dari Selasa (26/4) hingga (28/4) dan berlaku untuk semua kendaraan.

"Untuk sementara target selama tiga hari kegiatan uji emisi ini sebanyak 1.600 kendaraan bermotor roda empat," ujarnya.

Sekedar informasi, kategori ambang batas emisi kendaraan berbahan bakar bensin yaitu, kendaraan di bawah tahun 2007, hidrocarbon (HC) tidak boleh diatas 700 ppm (part per million) dan carbon monoksida (CO) tidak boleh lebih dari 3 persen.

Sedangkan, untuk kendaraan di atas tahun 2007 kadar HC tidak boleh diatas 200 ppm dan CO tidak boleh lebih dari 1,5 persen.

Selain itu, untuk kategori kendaraan bahan bakar solar dengan tahun pembuatan  di bawah 2010, opasitas emisi kendaraan tidak boleh lebih dari 50 persen. Sedangkan untuk kendaraan di atas tahun 2010, opasitasnya  tidak boleh lebih dari 40 persen.

Kendati demikian, Walikota berharap, para pemilik kendaraan pribadi maupun angkutan  umum agar dapat mengikuti uji emisi untuk mengetahui kadar gas buang kendaraan yang dimiliki tersebut.

"Pemilik kendaraan pribadi maupun angkutan umum diharapkan mengikuti uji emisi ini. Tujuanya agar mengetahui kadar gas buangnya. Jika, bagi kendaraan yang tidak lulus nantinya akan diberikan arahan petugas untuk segera memeriksa kendaraanya di bengkel," pungkasnya. [prs]

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 10:50:00

Penyuluhan Corona Di CFD

Penyuluhan Corona Di CFD

MINGGU, 08 MARET 2020 , 08:59:00

Cek Suhu Tubuh PNS Pemprov DKI Jakarta

Cek Suhu Tubuh PNS Pemprov DKI Jakarta

RABU, 04 MARET 2020 , 10:02:00