Pemkot Jaksel Gelar Uji Emisi Kendaraan Gratis Selama 3 Hari

Jakarta Selatan  SENIN, 16 MEI 2016 , 22:10:00 WIB

Pemkot Jaksel Gelar Uji Emisi Kendaraan Gratis Selama 3 Hari
RMOL. Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Selatan akan menggelar uji emisi kendaraan bermotor dari tanggal  17-19 Mei 2016. Kegiatan ini akan dilaksanakan di tiga titik  berbeda.

Kepala Kantor Pengelola Lingkungan Hidup (KPLH) Jakarta Selatan, Dian Wiwekowati mengatakan, hari pertama uji emisi dilaksanakan di depan Villa Delima, Jalan Karang Tengah Raya, Cilandak.

Di hari kedua berlokasi di halaman parkir Taman Makam Kalibata, Pancoran. Dan hari terakhir, uji emisi dilaksanakan di depan Gedung Caraka, Jalan TB Simatupang, Jagakarsa.

Menurut Dian, kegiatan ini, l menindaklanjuti Pergub Nomor 31 Tahun 2007 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor di DKI Jakarta dan Pergub Nomor 92 Tahun 2007 tentang Uji Emisi dan Perawatan Kendaraan Bermotor di DKI Jakarta.

Ditargetkan, dalam tiga hari 1.500 kendaraan roda empat diuji emisi dari ketiga lokasi tersebut, dengan masing-masing lokasi 500 kendaraan.

"Dari sini kita tahu berapa persen yang lolos dan tidak lolos. Sehingga bisa diketahui kualitas udara di DKI dari sumber pencemar kendaraan roda empat ke atas. Itu sudah mewakili yang diminta oleh Kementerian Lingkungan Hidup," kata Dian, Senin (16/5).

Dikatakan  Dian, uji emisi di tiga lokasi ini dipilih sesuai dengan pengelompokan yang terdiri permukiman, perkantoran, dan industri. "Jalan Karang Tengah mewakili permukiman, untuk perkantoran di Kalibata, sedangkan industri di TB Simatupang," tutur Dian.

Kendaraan yang melintas di jalan tersebut, lanjut Dian, nantinya akan diarahkan oleh petugas ke tenda pengujian. Sedikitnya dibangun tiga tenda pengujian, dua tenda untuk kendaraan dengan bahan bakar bensin, dan tenda lain untuk kendaraan dengan bahan bakar solar. Perlu diketahui bahwa uji emisi ini tidak dikenakan biaya alias gratis.

"Nggak hanya kendaraan yang melintas saja, warga yang ingin menguji emisi kendaraannya bisa datang ke sana. Kami akan berikan surat lulus dan tidak lulus uji emisi," tandas Dian. [dam/prs]



Komentar Pembaca
Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 10:50:00

Penyuluhan Corona Di CFD

Penyuluhan Corona Di CFD

MINGGU, 08 MARET 2020 , 08:59:00

Cek Suhu Tubuh PNS Pemprov DKI Jakarta

Cek Suhu Tubuh PNS Pemprov DKI Jakarta

RABU, 04 MARET 2020 , 10:02:00