Inilah Saran Pengamat Kepada Penantang Ahok

Polhukam  SABTU, 28 MEI 2016 , 14:38:00 WIB | LAPORAN:

Inilah Saran Pengamat Kepada Penantang Ahok

Karyono Wibowo/Fahri Haidar

RMOL. Pengamat politik dari Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menjelaskan, penantang Basuki Tjahaja Purnama akrab disapa Ahok tak akan menang bila mereka tak mampu menggeser kepercayaan publik kepada Ahok yang begitu kuat.

"Penantang Ahok harus menggeser kepercayaan publik yang begitu kuat kepada Ahok," kata Karyono di Jakarta, Sabtu (28/5).

Artinya, katanya, penantang Ahok harus membuat pubik tak percaya lagi dengan Ahok. Caranya dengan mengungkap ke publik bahwa Ahok juga punya catatan buruk, misalnya  penggusuran, pembelian lahan Rumah Sakit Sumber waras, sampai reklamasi di Teluk Jakarta.

Langkah kedua, katanya, penantang Ahok harus bisa meyakinkan publik bahwa mereka lebih baik dari Ahok, atau minimal sama dengan Ahok.

"Menggerakkan seluruh kekuatan, baik itu mesin politik partai, relawan, dan tokoh-tokoh masyarakat," katanya.

Berikutnya, tambahnya, adalah dengan mengelola isu yang efektif dalam menurunkan kepercayaan publik kepada Ahok.

"Di sisi lain, penantang Ahok harus meng-upgrading, menaikkan popularitas, menggalang dukungan yang lebih masif di berbagai elemen masyarakat," ujarnya.

Penantang Ahok, katanya, juga harus bersatu dengan mewujudkan pertarungan head to head dengan penantang Ahok yang disukai masyarakat. [xta]

Komentar Pembaca