Data Makam di Ibu Kota Akan Dikunci di PTSP

Peristiwa  SENIN, 25 JULI 2016 , 16:59:00 WIB | LAPORAN:

Data Makam di Ibu Kota Akan Dikunci di PTSP

ilustrasi/net

RMOL. Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta akan mengunci seluruh data makam di Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Hal itu dilakukan untuk menangani masalah banyaknya makam fiktif.

"Kita sidak terus makamnya, datanya kita update dan langsung dikunci di PTSP, terus sampai seluruh pendataan makam tuntas," ujar Siti Hasmi, Kepala Bidang TPU Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Senin (25/7).

Menurut Siti, di kawasan makam banyak warga sekitar yang beraktivitas sebagai penjaga makam. Merekalah yang diduga sering melakukan penjualan makam fiktif kepada oknum masyarakat yang ingin membeli lapak makam.‎

"Memang susah diantisipasi karena banyak pemilik makam mempercayakan perawatan kepada masyarakat yang menawarkan jasa," kata dia.

Pihaknya, lanjut Siti, membenarkan masih banyak sekali makam fiktif yang ada di lokasi pemakaman. Karena itu, pihaknya akan terus melakukan pelacakan dan pembongkaran makam yang diduga fiktif.

"Kita akui semenjak ramai diberitakan banyak makam yang akhirnya dibuka, memang ada beberapa modus, salah satunya seperti mereka sudah ada surat tapi makamnya kosong," kata dia.[dem] 

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00