Dato' Seri Radindo: Ibu Megawati, Segeralah Insyafi Kekeliruan!

Polhukam  RABU, 12 OKTOBER 2016 , 14:05:00 WIB | LAPORAN:

Dato' Seri Radindo: Ibu Megawati, Segeralah Insyafi Kekeliruan<i>!</i>

net

RMOL. Masyarakat Bangka Belitung berang dengan pernyataan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Saat konferensi pers seusai mengajak sejumlah calon kepala daerah berziarah ke makam Soekarno di Blitar, Jawa Timur pada Senin (10/10), Mega mengidentikan prilaku kasar, bahasa jorok dan tindakan bengis Ahok sebagai kebiasaan orang Babel.

"Pernyataan tersebut sangat melukai hati seluruh masyarakat Babel," ujar DR Dato' Seri Radindo H Ibnuhajar Mustafa dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Negeri Serumpun Sebalai, Lembaga Adat Melayu Bangka Belitung, melalui keterangan tertulis, Rabu (12/10).

Dijelaskan Dato' Seri, ucapan Mega menggeneralisasi orang Babel berperangai buruk dan tak beradat seperti yang dipertontonkan Ahok, keliru.

Masyarakat Babel yang mayoritas pribumi Melayu, katanya, berpegang teguh pada adat bersendikan syara' bersendikan kitabullah dengan jatidiri Melayu yang bijaksana, ramah tamah, bertutur kata tak terkira, menyanggah dengan senyum, marahnya dengan diam, kurang ajarpun tetap santun, menikam lawan dengan pantun.

"Saudara Ahok benar kelahiran Belitung tapi jauh dari adab, adat dan nilai-nilai kesantunan Melayu Babel. Janganlah karena nila setitik, rusak susu sebelanga," katanya.

Karenanya dia pun meminta Mega yang disebutnya putri kandung dari Allahyarham Haji Soekarno yang menyatu dengan ruh Menumbing Paku Aras pulau Bangka, segera menginsyafi dan berani jujur meralat ucapannya. Hal ini demi kehormatan rakyat Babel serta persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

"Buah duku bukanlah langsat; Mangga asamĀ  berserakan di jalan. Sebelum jauh langkah tersesat; Pulanglah Ibu Mega ke awal jalan," tulis Dato' Seri.[dem]


Komentar Pembaca
Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

JUM'AT, 14 AGUSTUS 2020 , 06:40:00

Balkoters Berkurban

Balkoters Berkurban

SABTU, 01 AGUSTUS 2020 , 11:16:00

Danjen Kopassus Tutup Pendidikan Komando Angkatan 104