Fahri Sebut Penegak Hukum Tak Transparan Usut Kasus Penistaan Agama Ahok

 SENIN, 31 OKTOBER 2016 , 17:53:00 WIB | LAPORAN:

Fahri Sebut Penegak Hukum Tak Transparan Usut Kasus Penistaan Agama Ahok

net

RMOL. Demo umat Islam pada 4 November mendatang terjadi lantaran para penegak hukum tidak bersikap tegas dan transparan menyikapi kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Gubernur DKI non aktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Tapi karena aparat penegak hukum muter-muter, bilang enggak akan diproses, ngomongnya boleh jadi ini masalah agama tapi enggak ada urusan agama, ini provokasi yang menciptakan kemarahan umum sehingga ada demonstrasi di seluruh Indonesia," kata Fahri di Kompleks DPR/MPR, Senayan, Senin (31/10).

Menurut Fahri, langkah diambil sebagian orang dengan melaporkan ke polisi soal dugaan penghinaan dilakukan Ahok patut diapresiasi. Sebab, banyak negara justru menunjukkan sikap anarkis.

"Orang islam yang merasa tersinggung dengan pernyataan Pak Basuki lalu lapor polisi itu tradisi dahsyat. Karena di tempat lain bisa jadi anarki. Ini yang ditempuh adalah melaporkan ke penegakan hukum," ungkapnya.

Oleh karenanya, lanjut Fahri, masyarakat berunjuk rasa menuntut agar polisi melanjutkan proses hukum kasus Ahok secara adil dan transparan. Langkah itu diperlukan agar tidak menimbulkan keraguan di masyarakat.

"Masyarakat sekarang ini menuntut agar saudara Basuki diadili. Jadi jangan lihat sekarang tapi prosesnya. Kalau polisi dari awal sikap dan tindakannya tepat, tidak bertele-tele dan menciptakan keraguan, sampai sekarang orang beranggapan ada diskriminasi," terangnya.

Ditambahkannya, berdasarkan UUD 1945, setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum. Sehingga jika ada upaya dari kepolisian untuk memberikan perlindungan hukum terhadap Ahok maka akan bertentangan dengan UUD 1945.

"Mengistimewakannya di hadapan hukum dan bertentangan dengan pasal 27 UUD 1945 bahwa segala warga negara bersamaan kedudukannya di hadapan hukum dan wajib menjunjung tinggi hukum tanpa terkecuali," tandas dia. [prs]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00