Anies Bakal Sediakan 200 Ribu Lapangan Kerja

 SELASA, 06 DESEMBER 2016 , 14:13:00 WIB | LAPORAN:

Anies Bakal Sediakan 200 Ribu Lapangan Kerja

Anies Baswedan / IST

RMOL. Roda perekonomian di Jakarta adalah yang terbesar di Indonesia, untuk itu calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berjanji membuka akses lapangan kerja dan membangun kewirausahaan (enterpreneurship) bila nanti menang dalam Pilkada DKI Jakarta 2017.

Dalam program kerja, prioritas Anies-Sandi akan memastikan membuka 200 ribu lapangan kerja baru dan mengaktifkan 44 pos pengembangan kewirausahaan warga. Hal itu bertujuan untuk menghasilkan 200 ribu pewira usaha baru, selama lima tahun.

"Kami ingin meningkatkan jumlah wirausaha di Jakarta dan itu kami buatkan berbagai programnya dari mulai pelatihan kemudian (menyiapkan) tempat mereka bisa melakukan kegiatan," kata Anies, di Jakarta, (Selasa, 6/11).

Menurutnya program itu dapat terlaksana dengan lebih baik bila mendapat dukungan dari pemerintah pusat. Sebab rencananya, kantor-kantor pemerintahan pun nanti akan digunakan untuk kegiatan-kegiatan pelatihan bagi wirausaha.

"Tujuannya bukan saja menciptakan lapangan kerja, tetapi juga merangsang lebih banyak pertumbuhan wirausaha kecil," kata Anies.

"Jika banyak wirausahawan kecil maka peningkatan kesejahteraan merata ke seluruh lapisan masyarakat di Jakarta, khususnya mereka yang berada di kelas ekonomi menengah ke bawah," lanjut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.

Mantan Ketua Komite Etik KPK ini memaparkan, untuk merealisasikan programnya, ada empat poin yang akan fokus dikerjakan. Pertama, membuat 44 pusat-pusat kewirausahaan di setiap kecamatan.

Kedua, membuka garasi inovasi untuk anak-anak muda di Jakarta bereksperimen menciptakan inovasi-inovasi yang bernilai ekonomi, serta memberikan solusi atas berbagai permasalahan di ibukota.

Poin ketiga dan keempat adalah melakukan pendampingan perencanaan keuangan untuk UMKM dan pengusaha baru. Serta mengadakan bimbingan usaha.

"Jadi kami juga akan melibatkan pemimpin bisnis di Jakarta untuk menjadi mentor bagi para pengusaha baru dengan difasilitasi oleh pemerintah provinsi," jelasnya.

Adanya sosok sukses tersebut bukan hanya untuk membagikan ilmunya, melainkan juga sosok tersebut akan menularkan semangat kewirausahaan kepada mereka.

Bersama Sandiaga, Anies percaya, yakin, dan pasti mampu merealisasikan programnya. Apalagi sang wakil memiliki pengalaman mengelola sedikit orang hingga ribuan orang yang diperlukan instuisi usaha dalam kebijakan usaha dalam level eksekutif Pemda DKI Jakarta.

"Kami yakin dengan begitu keberpihakan politik Anggaran akan lebih berpihak kepada pertumbuhan usaha kecil dan menengah," tandas Anies. [awr]

Komentar Pembaca
Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

JUM'AT, 14 AGUSTUS 2020 , 06:40:00

Danjen Kopassus Tutup Pendidikan Komando Angkatan 104
Balkoters Berkurban

Balkoters Berkurban

SABTU, 01 AGUSTUS 2020 , 11:16:00