Modus Saling Ajari Bahasa, Munawan Curi Laptop WNA Amerika

 SELASA, 24 JANUARI 2017 , 04:13:00 WIB | LAPORAN:

RMOL. Dengan modus saling mengajari bahasa, Munawan Singgih mencuri dua unit laptop dari rumah warga negara Amerika Serikat, David Tucker (31).

Pencurian dilakukan di Perumahan Raffles Hills, Harjamukti, Cimanggis, Kota Depok, Selasa (10/1).

Warga Pasar Rebo, Jakarta Timur itu beraksi saat David sedang berlibur ke Bali. Sebelumnya, Munawan sudah beberapa kali ke rumah David dan sempat menduplikasi kunci rumah David.

Munawan dan David berteman setelah keduanya sepakat saling mengajari bahasa asal mereka. David yang merupakan seorang mahasiswa dari universitas ternama, mengajari Munawan bahasa Inggris. Sementara Munawan mengajari David bahasa Indonesia.

Karena curiga dan yakin Munawan yang mencuri dua laptop di rumahnya, David lalu melaporkan pencurian di rumanya ke Polsek Cimanggis, begitu ia kembali dari Bali.

Munawan akhirnya dibekuk polisi saat akan membeli bensin di SPBU di Jalan H Baim, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Sabtu (21/1).

Kanit Reskrim Polsek Cimanggis Inspektur Satu Suparno mengatakan, dari laporan korban, diketahui Munawan telah berhasil mencuri dua laptop milik David.

Di antranya laptop merek Sony Vaio dan Lenovo, masing-masing berukuran 20 inci.

Kerugian yang dialami David mencapai Rp 20 juta.

"Dalam laporannya ke kami setelah korban pulang dari Bali, ia curiga kalau pencurian itu dilakukan Munawan. Sebab, tidak ada kerusakan apapun di pintu rumah atau jendela rumah korban," tutur Suparno, Senin (23/1).

Karena itu, lanjut Suparno, pihaknya mencurigai Munawan dan menelusuri tiga nomor telepon milik pelaku yang dimiliki korban.

Dari sana, tambah Suparno, pihaknya berhasil membekuk Munawan yang sedang mengantre membeli bensin di Jalan H Baim, Jakarta Timur.

"Dua laptop korban yang dicuri sudah dijual pelaku seharga Rp 4 Juta. Dan uangnya sudah habis dipakai pelaku untuk bayar utang," ungkap Suparno.

Karena perbuatannya, Munawan dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukumannya di atas lima tahun penjara.[prs]

Komentar Pembaca