Isu Aksi 212 Bakal Lempar Batu di DPR, FUI: Itu Hoax

Polhukam  SENIN, 20 FEBRUARI 2017 , 19:51:00 WIB | LAPORAN:

RMOL. Forum Umat Islam (FUI) membantah kabar akan adanya aksi 'lempar jumrah aqabah' saat aksi 212 Jilid II di DPR, Selasa 21 Februari besok. FUI menegaskan kabar tersebut hoax alias bohong.

"Itu tidak benar kalau ada jamratul aqabah. Itu artinya berita itu hoax," ujar ustaz Bernard Abdul Jabbar, korlap aksi 212 Jilid II kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (20/2).

Bernard menekankan, aksi FUI besok adalah aksi damai. Dia juga menegaskan aksi tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan proses Pilkada DKI.

"Karena kita sampaikan tadi aksi ini aksi damai, sebenarnya tidak ada hubungannya dengan Pemilukada. Karena yang hadir bukan hanya dari Jakarta saja, jadi tidak ada hubungannya dengan urusan Pilkada," katanya.

Kendati tuntutan massa aksi nanti adalah untuk meminta pemerintah menghentikan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Gubernur DKI Jakarta karena statusnya sebagai terdakwa, namun ia tegaskan bahwa aksi tersebut tidak mengandung unsur politis.

"Kita hanya akan menyerukan bahwa apa yang sudah dilakukan oleh Gubernur DKI yang sudah ditetapkan sebagai terdakwa kenapa tidak diberhentikan sementara, itu (tuntutan) yang akan kita lakukan. Artinya tidak ada hal-hal yang menyangkut Pilkada," jelasnya.

Jika dalam pelaksanaannya nanti ada orator yang menyerukan kepada peserta aksi untuk tidak memilih Ahok, hal itu di luar kendali FUI.

Namun pihak FUI, kata dia, akan menyeleksi orator sehingga dalam pelaksanannya nanti tidak ada orasi berbau politik.

"Ya kita tidak bisa melarang juga. Karena yang punya haknya untuk bicara itu. Tapi kita hanya mengatakan bahwa nanti yang diucapkan, yang dibicarakan ini tidak menyinggung, tapi mungkin nanti ada keceplosan dan kita nanti akan kita seleksi juga siapa orator yang akan berbicara," terangnya.

"Itu nanti ada masanya, April baru kita adakan aksi yang lebih besar lagi rencananya dari seluruh elemen umat Islam termasuk GNPF juga, FUI dan seluruh ormas itu nanti tunggu kabar beritanya, dan itu juga menyangkut masalah keumatan juga dan untuk aksi besok kita tidak ada hubungannya dengan Pilkada DKI karena yang datang pun kebanyakan dari luar Jakarta dan sekitarnya," paparnya.[prs]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00