Penangguhan Tersangka Penipuan Berlian Dipertanyakan

 RABU, 15 MARET 2017 , 00:21:00 WIB | LAPORAN:

RMOL. Anggota Komisi III DPR RI Muslim Ayub mempertanyakan penangguhan penahanan buronan Ida Fandayani alias Ie Tjong Fang terkait kasus penipuan berlian senilai puluhan miliar rupiah.

"Kalau sudah P21 itu kenapa harus ditangguhkan, (jika) ditangguhkan itu pidana biasa, pencurian, atau kasus pidana kecil-kecil itu tidak apa-apa ditangguhkan, mungkin ada suatu pertimbangan," ujar Muslim kepada wartawan di Jakarta, Selasa (14/3).

Menurut Legislator Dapil Aceh ini, dalam kasus besar tidak boleh ada penangguhan penahanan.

"Kalau pidana dalam kasus besar, kasus internasional, apalagi sebelumnya sudah pernah buron, kalau ditangguhkan itu tidak layak. Sudah P21 itu sudah (urusan) kejaksaan," ungkapnya.

Muslim menegaskan akan melakukan cross cek terkait kasus ini. "Coba nanti kita cek, jangan sampai menghilankan barang bukti," pungkasnya.

Sebelumnya diketahui Ida Fandayani tersangka penipuan berlian senilai Rp 39.7 miliar berhasil diringkus Unit Jatanras Satreskrim Polrestabes Surabaya. Tersangka yang sejak Juni 2016 ditetapkan sebagai daftar pencarian orang (DPO) alias buron ditangkap di rumahnya Jl Kertajaya Indah Timur Surabaya.

"Tersangka sudah kami tangkap di rumahnya pada Sabtu (4/3). Kami sedang koordinasi dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) untuk tahap dua," kata Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Shinto Silitonga, Selasa (7/3).

Penangguhan penahanan ini layak dipertanyakan, lantaran tersangka adalah buron dan sudah masuk dalam daftar DPO internasional.

Menurut kabar yang beredar, tersangka Ida Fandayani alias Ie Tjong Fang diback-up oleh beberapa pengusaha papan atas asal Jakarta, yaitu Jayanto selaku trader berlian,  Denny selaku bos batu bara dan Asiong supplier perlengkapan militer.[prs]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Kopassus-Koopsus TNI Gelar Olahraga Bersama Di Makopassus Cijantung
Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00