Polres Jakpus Bekuk Sindikat Penipuan di KY dan MA

Hukum  SELASA, 13 JUNI 2017 , 14:51:00 WIB | LAPORAN:

Polres Jakpus Bekuk Sindikat Penipuan di KY dan MA

Foto/RMOL Jakarta

RMOL. Tim Alpha Pus Polres Metro Jakarta Pusat, yang dipimpin Kasat Reskrim Polres Jakpus, Kompol Tahan Marpaung mengungkap sindikat penipuan asal Makasar yang melakukan aksinya di Komisi Yudisial (KY) dan Mahkamah Agung (MA).

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Suyudi Ario Seto mengatakan, para pelaku yang berjumlah tiga orang itu sering melakukan penipuan seolah dapat menyelesaikan kasus kepada calon korban.

"Kami amankan tiga pelaku, AS, SH, dan RD. Jadi ketiganya memiliki peran berbeda, AS adalah otak dari kelompok ini. Korban kebetulan NN sedang proses perkara di MA," ujar Suyudi di Polres Jakarta Pusat, Selasa (13/6).

Dengan penyampaian yang meyakinkan, kata Suyudi, membuat korban tertarik. Ketiganya pun meminta uang sebesar Rp 350 juta untuk mengurus perkara tersebut.

"Seolah-olah dapat mengurus kasus, padahal mereka sindikat penipu, bahkan hasil pengembangan sudah dilakukan penipuan di berbagai tempat," kata Suyudi.

Untuk meyakinkan calon korbannya, tambah Suyudi, kelompok tersebut menggunakan dokumen palsu

"Ada penneng (kartu identitas) MA, dan surat-surat dari sedemikian rupa, edit dari internet, terus diganti," ungkapnya.

Atas aksinya, pelaku dijerat dengan Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 368 KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama lima tahun. [awr]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Kopassus-Koopsus TNI Gelar Olahraga Bersama Di Makopassus Cijantung
Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00