Perppu Ormas, PKS: Kalau Ada Kegentingan, Mustahil Presiden Main Vlog Dan Ngangon Kambing

Politik  SELASA, 25 JULI 2017 , 15:32:00 WIB | LAPORAN:

Perppu Ormas, PKS: Kalau Ada Kegentingan, Mustahil Presiden Main Vlog Dan Ngangon Kambing

Sohibul Iman/RMOL Jakarta

RMOL. Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) memiliki banyak kekurangan. Salah satunya terkait permasalahan kegentingan yang memaksa.

Begitu disampaikan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman saat acara halal bihalal Fraksi PKS bersama tokoh dan ormas Islam di Aula Perumahan DPR, Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (25/7).

"Kami tidak melihat ada kegentingan yang memaksa. Radikalisme yang disampaikan pemerintah, ormas-ormas itu, hari ini tentu saja tidak dalam kondisi seperti itu," kata Sohibul.

Bahkan, kata Sohibul, kalau melihat kebiasaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sering main vlog, dimana disiarkan kemana-mana presiden sedang melihat kambingnya, kodoknya, itu menunjukkan bahwa di negeri ini tidak ada kegentingan apa-apa.

"Kalau memang ada kegentingan, mustahil Pak Presiden bermain vlog, ngangon kambing, dan bermain-main dengan kodok," ungkap Sohibul.

Selain itu, dia melihat ada kemunduran dalam Perppu tentang Ormas yang diterbitkan pemerintah. Di UU Ormas jelas sekali, penilaian sebuah ormas bertentangan dengan Pancasila, melakukan radikalisme atau tidak itu diputuskan oleh proses hukum dan peradilan.

"Tapi sekarang cukup dengan penilaian pemerintah, dan itu cukup diberi waktu satu minggu, tujuh hari, setelah itu bisa langsung dibubarkan pemerintah," ucapnya.

Hal itu menurutnya bertentangan dengan  prinsip negara hukum. Dimana yang terpenting adalah due process of law.

"Artinya kalau kita mau menegakkan hukum, gak boleh bertentangan hukum itu sendiri. Menegakan hukum harus dengan hukum sendiri," tandasnya. [ipk]

Komentar Pembaca
Viral!! Aksi Menunggang Sapi Raksasa di Boyolali
Jasad ABK WNI Ditemukan di Frezeer Kapal China

Jasad ABK WNI Ditemukan di Frezeer Kapal China

JUM'AT, 10 JULI 2020 , 21:30:00

New Normal New Ideas

New Normal New Ideas

MINGGU, 05 JULI 2020 , 02:30:19

Tower Di Lahan Fasum

Tower Di Lahan Fasum

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:29:00

Dini Hari, Ariza Cek Rob Di Kawasan Perumahan Ahok
Wagub Cek Protokol Kesehatan Di Mal Kelapa Gading