Soal Remisi Napi, Kapolres Kuningan Bilang Hak Itu Harus Dihormati

Nasional  KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 14:53:00 WIB | LAPORAN:

Soal Remisi Napi, Kapolres Kuningan Bilang Hak Itu Harus Dihormati

Foto/Istimewa

RMOL. Kapolres Kuningan, AKBP Yuldi Yusman mengatakan, pemberian remisi di Lapas Klas IIA Kuningan, sudah sesuai aturan yang ada dalam undang-undang.

"Secara hukum remisi adalah pengurangan masa menjalani pidana yang diberikan kepada narapidana dan anak pidana yang memenuhi syarat seperti ditentukan dalam peraturan perundang-undangan," kata AKBP Yuldi di Polres Kuningan, Jawa Barat, Kamis (17/8).

Mantan Kasat Reskrim Polres Jakarta Utara ini menambahkan, remisi adalah hak terpidana. Karena itu, hak tersebut harus dihormati sebagai bagian dari Hak Asasi Manusia (HAM) khususnya hak terpidana.

Seperti diketahui, pemberian remisi di Lapas Klas IIA Kuningan dilakukan melalui sebuah upacara di Aula Lapas Klas IIA Kuningan, dipimpin langsung oleh Bupati Kuningan Acep Purnama.

Sebanyak 310 warga binaan Lapas Klas IIA Kuningan mendapat remisi. 18 orang narapidana mendapat remisi RU II (langsung bebas), sedangkan 292 mendapat RU I (tidak langsung bebas).

Upacara pemberian remisi dihadiri pula oleh Wakil Bupati Dede Sembada, Dandim 0615 Kuningan Letkol Inf Arief Hidayat, Kepala Lapas Klas IIA Kuningan Gumilar, para pejabat dilingkup Pemkab dan Lapas Kuningan.

Sebelumnya, Polres Kuningan mengikuti berbagai rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke 72. Pada 17 Agustus 2017, selain menggelar upacara di halaman Polres Kuningan, Kapolres Kuningan AKBP Yuldi Yusman juga menghadiri upacara detik-detik kemerdekaan RI yang dilaksanakan di lapangan Mashud Wisnusaputra.

Selanjutnya, Kapolres Kuningan bertolak ke Lapas Klas IIA Kuningan di Jalan Siliwangi Kuningan Jawa Barat untuk mengikuti upacara pemberian remisi kepada narapidana. [ipk]

Komentar Pembaca