Dompet Dhuafa dan Bina Swadaya Bakal Gelar Konferensi Social Enterprise Asia 2017

Sosial  KAMIS, 14 SEPTEMBER 2017 , 20:57:00 WIB | LAPORAN:

Dompet Dhuafa dan Bina Swadaya Bakal Gelar  Konferensi Social Enterprise Asia 2017

Jumpa Pers Seal Conference 2017/Ist

RMOL. Lembaga Kemanusian Dompet Dhuafa dan Bina Swadaya akan menggelar Konferensi Social Enterprise Asia ke-2 atau Social Enterprise Advocacy and Leveraging (SEAL) Internasional Conference 2017. Kegiatan tersebut akan berlangsung pada 23-24 September mendatang di Bali. Konferensi ini bakal diikuti seluruh stokeholder yang tergabung dalam  Institute of for Social Enterpreneurship in Asia (ISEA).

"Kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan peran ISEA dalam pengembangan Social Enterprenuerhsip (SE) di Asia. Kita secara periodik memang mengadakan pertemuan, penelitian, diseminasi,  dan konferensi terkait isu-isu SE," kata Ketua Steering Committee SEAL conference 2017, Bambang Ismawan di Philantrophy Building, Jakarta Selatan, Kamis (14/9).

Event SEAL Conference Internasional ini, terangnya, akan diikuti oleh pelaku, SE, akademisi, NGO, badan PBB, serta lembaga-lembaga yang berfokus dalam pengembangan SE dari berbagai negara, antara lain dari Indonesia, Philipina, Thailand, Vietnam, India, Bangladesh, India, Jepang, Nepal, Taiwan dan Singapura.

Sebelum SEAL Conference digelar, lanjutnya, masing-masing anggota telah mengadakan penelitian mengenai tema yang akan diusung. Hasil penelitian akan disampaikan dalam conference nanti.

"Jelang SEAL Conference ke-2 ini, telah diadakan study mengenai Measuring Social Enterprice Reseach Exchange and Learning in Asia, Promoting Social Enterprices in Gender transformative, dan Responsible Agribusiness Investment in Southeast Asia. Hal-hal tersebutlah yang menjadi bahasan utama di konferensi mendatang," ungkap pria yang juga pendiri Bina Swadaya ini.

Sementara itu, Ketua Organizing Commite (OC) SEAL Confrence 2017, Rini Suprihartanti mengungkapkan, even di Bali nanti diharapkan dapat menjadi ajang pertukaran pengalaman dari pelaku peneliti dan pengembangan Sosial Enterprise untuk memperkaya dan memperkuat pola pengembangan pengelolaan Sosial Enterprise.

"Sharing Knowledge dan  experience yang terjadi dalam konferensi ini diharapkan akan menjadi jembatan networking sehingga akan terbangun dan meningkatkan peluang kolaborasi yang lebih kuat serta memberikan dampak yang lebih besar bagi perkembangan di dunia Sosial Enterprise. Dan tentu saja diharapkan secara tidak langsung akan memberikan dampak sosial yang lebih besar di masyarakat," kata wanita yang juga menjabat sebagai Direktur Usaha Sosial Dompet Dhuafa ini.

Rini menambahkan, peranan Dompet Dhuafa dan Bina Swadaya dalam konferensi ini adalah sebagai bentuk komitmen dan peran dalam pengembangan Sosial Enterprise di Indonesia, yang berperan penting dalam turut membantu pengentasan kemiskinan.

"Peran Dompet Dhuafa dan Bina Swadaya dalam event SEAL Conference  ini adalah mempromosikan  dampak sosial dari Sosial Enterprise  terhadap Sustainable Development Goals (SDGs) serta berperan menjadi local komite penyelenggara  SEAL," tandasnya.

Sebagai informasi, sepuluh  tahun lalu istilah Social Entrepreneurship hampir tidak pernah disebut. Istilah ini populer setelah Bina Swadaya menerima Social Entrepreneurship of the year 2006 Awards dari Ernest & Young Indonesia dan The Swchab Foundation for Social Entrepreneuship Swiss.

Awalnya, Social Entrepeneurship banyak dibahas di kalangan LSM dalam rangka sustainability kelembagaannya, di kalangan bisnis dalam rangka dampak sosialnya dan di kalangan Universitas sebagai alternatif program studi ekonomi dan sosial.

Di tingkat internasional, Dompet Dhuafa dan Bina Swadaya bersama-sama terlibat sebagai pendiri dan anggota ISEA (Institute of for Social Enterpreneurship in Asia) yang berpusat di Manila, Philipina. ISEA merupakan jaringan pembelajaran dan upaya yang didirikan oleh perusahaan sosial dan lembaga sumber daya perusahaan sosial untuk menganalisis penciptaan pengetahuan, pengembangan kapasitas dan gerakan dalam Sosial Enterpreneurship di negara-negara anggota.

Untuk menguatkan peran ISEA dalam pengembangan social enterprenuerhsip di Asia, secara periodik diadakan pertemuan, penelitian, diseminasi,  dan konferensi terkait isu-isu SE seperti SEAL Conference di Bali nanti. [zul]


Komentar Pembaca
Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

JUM'AT, 14 AGUSTUS 2020 , 06:40:00

Terpeleset, Pesepeda Tewas Di Bendungan Tiu

Terpeleset, Pesepeda Tewas Di Bendungan Tiu

RABU, 29 JULI 2020 , 10:05:00

Gedung DPRD DKI Disemprot Disinfektan

Gedung DPRD DKI Disemprot Disinfektan

RABU, 29 JULI 2020 , 13:29:00