Kapolda Harus Cari Figur Inovatif Selesaikan Macet Jakarta

Ragam  SENIN, 02 OKTOBER 2017 , 15:28:00 WIB | LAPORAN:

Kapolda Harus Cari Figur Inovatif Selesaikan Macet Jakarta

Ilustrasi/Net

RMOL. Kelompok mahasiswa yang tergabung dalam Serikat Mahasiswa Pemerhati Transportasi (SMPT), akan melakukan aksi demonstrasi di depan Mapolda Metro Jaya dan Mabes Polri, Rabu (4/10) mendatang.

Dalam aksi damai itu, mahasiswa meminta Kapolda Metro Jaya, Irjen Idham Aziz agar mengevaluasi kinerja Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Halim Pagarra, yang dinilai tidak mampu mengawasi bawahannya.

Ketua SMPT, Hendy Ilmawan mengatakan, Dirlantas Polda Metro Jaya dinilai gagal dalam mengatasi kemacetan di Jakarta yang semakin parah.

"Kapolda harus mencari figur baru yang inovatif dalam menyelesaikan kemacetan lalu lintas di ibukota. Serta figur yang memiliki komitmen tinggi terhadap pemberantasan pungli," kata Hendy melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi, Senin (2/10).

Saat ini, kata Hendy, diduga ada pungutan liar (pungli) di Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya masih marak terjadi. Contohnya, dalam proses perpanjangan STNK di Samsat.

"Oleh karena itu, Kapolda Metro Jaya harus membersihkan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dari segala bentuk praktek dugaan pungli yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab," kata dia.

Pihaknya, lanjut Hendy, mendapat laporan dari sejumlah warga yang terkena pungli. Selain itu, pihaknya menyayangkan tindakan Intelkam Polda Metro Jaya yang menolak surat izin aksi unjuk rasa mahasiswa yang rencananya digelar hari ini.

"Surat pemberitahuan aksi kami ditolak oleh Intelkam Polda Metro Jaya bagian pelayanan administrasi (Yanmin). Sehingga kami terpaksa menunda aksi unjuk rasa sampai hari Rabu, 4 Oktober 2017," ungkapnya.

Kejadian penolakan tersebut, tambah Hendy, merupakan sebuah pelanggaran Undang-Undang No 8 tahun 1998 tentang Penyampaian Aspirasi di Muka publik. "Maka kami meminta Kapolda Metro Jaya menindak tegas bawahannya yang telah menciderai demokrasi," pungkasnya.[mla]

Komentar Pembaca
Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

JUM'AT, 14 AGUSTUS 2020 , 06:40:00

Danjen Kopassus Tutup Pendidikan Komando Angkatan 104
Balkoters Berkurban

Balkoters Berkurban

SABTU, 01 AGUSTUS 2020 , 11:16:00