Demokrat Minta Pemprov Fasilitasi Kepulangan Korban Kerusuhan 98 dari AS

Dunia  MINGGU, 22 OKTOBER 2017 , 08:48:00 WIB | LAPORAN:

Demokrat Minta Pemprov Fasilitasi Kepulangan Korban Kerusuhan 98 dari AS

Taufiwurrahman/Net

RMOL. Fraksi Demokrat DPRD DKI mendesak Pemprov memfasilitasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang terancam dideportasi dari Amerika Serikat.

Mereka adalah  korban kerusuhan 1998 yang lari ke Amerika Serikat. Informasi ini diketahui Fraksi Demokrat dari pemberitaan berbagai media sejak dua hari lalu.

"Jika diantara korban deportasi tersebut adalah warga DKI Jakarta, Pemprov harus memfasilitasi mereka hingga tiba di Tanah Air. Apalagi menurut berita tersebut, mereka adalah korban dari kerusuhan sosial 1998 yang menyelamatkan diri ke Amerika Serikat," tegas Taufiqurrahman, Ketua Fraksi Demokrat DPRD DKI Jakarta, Sabtu (21/10).

Taufiq menegaskan, Pemprov DKI Jakarta harus memfasilitasi mereka agar bisa mendapatkan jaminan keamanan dan konseling trauma healing agar kepercayaan diri mereka kembali dan bisa tinggal serta bergaul secara sosial di tanah airnya.

Seperti diketahui saat kerusuhan sosial 1998, banyak warga keturunan Tionghoa warga Jakarta yang kehilangan tempat tinggal, aset pribadi dan mata pencaharian saat mereka terpaksa menyelamatkan diri ke luar negeri.

Untuk ini, Fraksi Demokrat juga mendorong agar mereka bisa difasilitasi dan diberikan prioritas untuk terlibat dalam program-program Pemerintah Provinsi DKI yang sesuai dengan kebutuhan mereka saat kembali ke tanah air.

"Fasilitasi, prioritaskan dan libatkan mereka dalam pelaksanaan program-program Pemprov DKI terkait hunian tempat tinggal dan bantuan usaha, agar mereka bisa kembali mandiri dan bisa melanjutkan hidupnya dengan baik setibanya mereka di tanah air," tandas Taufiq

Ribuan WNI etnis Tionghoa beragama Kristen dan Budha yang selama ini tinggal di Amerika Serikat bakal segera dideportasi. Mereka merupakan korban kerusuhan Mei 1998 yang melarikan diri ke Amerika Serikat karena khawatir atas keselamatannya.[dem]

Komentar Pembaca