Bahagiakan Warga Jakarta, Air Bersih Harus Dikelola Pemprov

Bisnis  SENIN, 23 OKTOBER 2017 , 15:53:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Bahagiakan Warga Jakarta, Air Bersih Harus Dikelola Pemprov
RMOL. Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta), M Rico Sinaga mengatakan, salah satu cara agar  Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan-Sandiaga Uno bisa mewujudkan tagline kampanye "Maju Kotanya, Bahagia Warganya", yakni dengan memutus kontrak kerjasama air bersih dengan pihak swasta.

"Salah satu cara membahagiakan warga ibukota, yakni dengan mempercayakan pengelolaan air bersih kepada Pemprov DKI Jakarta," kata Rico di Jakarta, Senin (23/10).

Menurut Rico, pengelolaan air bersih kepada Pemprov DKI juga sejalan dengan keputusan Mahkamah Agung (MA) yang menyatakan, PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja) dan PT Aetra Air Jakarta telah merugikan Pemprov DKI Jakarta dan masyarakat DKI Jakarta terkait swastanisasi air di ibukota.

Rico menuturkan, dengan latar belakang pengusaha sukses, Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno diyakini mampu memberesi carut marut pengelolaan air bersih apabila dikelola langsung Pemprov DKI.

"Dibawah Sandi, saya optimis pengelolaan air bersih pasti baik. Kebocoran air pasti bisa berkurang, bahkan bisa menyumbang PAD besar," ujar Rico.

Rico mengaku saat ada wacana swastanisasi air bersih, pihaknya berkali-kali menggelar unjuk rasa penolakan ke Balaikota yang waktu itu dipimpin Gubernur Sutiyoso.

"Kita sudah bilang swastanisasi air bersih tidak menguntungkan, karena swasta cuma modal kolor doang. Dan itu sekarang terbukti," tegas Rico.

Rico menambahkan, apabila dikelola Pemprov DKI, maka dua wacana yang sempat tertunda, bisa kembali dilanjutkan. Yakni membangun pipa dari Waduk Jatiluhur ke Jakarta dan membangun waduk-waduk penampung air di perbatasan ibukota.

Komentar Pembaca
Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

JUM'AT, 14 AGUSTUS 2020 , 06:40:00

Balkoters Berkurban

Balkoters Berkurban

SABTU, 01 AGUSTUS 2020 , 11:16:00

Danjen Kopassus Tutup Pendidikan Komando Angkatan 104