Pahlawan Ikhlas Di Indonesia Semakin Langka

Politik  SENIN, 13 NOVEMBER 2017 , 16:14:00 WIB

Pahlawan Ikhlas Di Indonesia Semakin Langka
RMOL. Rakyat Indonesia saat ini membutuhkan pahlawan yang ikhlas berjuang untuk kepentingan orang banyak.

Demikian dikatakan Ketua Badan Pengkajian MPR, Bambang Sadono pada diskusi bertema "Pahlawan Zaman Now" di Media Center DPR, Jakarta, Senin (13/11). Pembicara lain dalah sejarawan JJ Rizal.

Bambang Sadono menegaskan sesungguhnya seorang pahlawan itu adalah siapapun yang mau bekerja dan mau berjuang untuk kepentingan orang banyak secara ikhlas dan secara sukarela.

"Di zaman sekarang ini banyak dibutuhkan para pahlawan seperti itu," katanya.

Namun hal itu ujar Bambang sangat sulit ditemukan. Pasalnya saat ini yang namanya idealisme makin lama makin menipis bahkan kecendrungan hilang.

Di bidang ekonomi dan bidang politik misalnya. Bidang ekonomi menurutnya, amanat dari UUD 45 Pasal 33, bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama atas asas kekeluargaan, sama sekali tidak menjadi kenyataan.

"Karena orang-orang makin mementingkan dirinya sendiri maka yang tumbuh konglomerat, taipan-taipan, saudagar-saudagar besar," tegas Bambang.

Di sisi lain, dia melanjutkan, koperasi mati suri, bahkan UU Koperasi ini saja setelah dibatalkan oleh MK dan  sampai sekarang tidak ada tanda-tanda pemerintah maupun DPR mau membuat UU Koperasi.

"Ini menunjukkan perhatian kita terhadap perekonomian kecil itu sama sekali tidak ada. Jadi artinya yang kaya dibantu menjadi kaya, namun yang miskin dibiarkan untuk tetap miskin. Akhirnya terjadi kesenjangan luar biasa," kata Bambang. [Hendry/rus]

Komentar Pembaca