Contra Flow Tol Jagorawi Bebaskan Macet

Ragam  SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 11:35:00 WIB

Contra Flow  Tol Jagorawi Bebaskan Macet

Contra flow Tol Jagorawi-Ist

RMOL.Pembelakuan contra flow di Jalan Tol Jagorawi arah Jakarta menuju Ciawi, kawasan Puncak dan Sukabumi, berhasil mengatasi kemacetan arus lalu lintas yang selama ini sangat parah di kawasan tersebut.

Arus kendaraan yang keluar Tol Jagorawi menuju Ciawi, Puncak, dan Sukabumi lancar, tanpa mengalami hambatan. Selain itu tidak terjadi antrean di Gerbang Tol Ciawi, terutama pada hari Sabtu.

Seperti diketahui, sebelum diberlakukannya contra flow, arus kendaraan di Tol Jagorawi dari arah Jakarta, Ciawi menuju Puncak dan Sukabumi, kerap mengalami kemacetan yang sangat parah. Hal ini terjadi dampak dari rekayasa lalu lintas berupa kebijakan satu arah dari Puncak ke Ciawi dan Jakarta setiap hari Sabtu pagi sekitar pukul 07.00 -09.00 WIB.

Akibat kebijakan satu arah ini, arus lalu lintas dari arah Jakarta/Ciawi menuju Puncak ditutup, akibatnya kendaraan yang berasal dari Jakarta menuju Puncak terhenti dan menyebabkan antrean yang panjang.

Selain itu, antrean menuju kawasan Puncak menyebabkan kendaraan yang berasal dari Jakarta menuju Gadog/Lido/Sukabumi menjadi terhalang.

Berdasarkan keterangan elektronik PT Jasa Marga Cabang Jagorawi yang diterima Senin (24/9), menyebutkan, untuk mengatasi hal tersebut kepolisian dan PT Jasa Marga Cabang Jagorawi melakukan beberapa rekayasa lalu lintas untuk memisahkan antrean kendaraan dari Jakarta menuju Puncak dan dari Jakarta menuju Gadog/Lido/Sukabumi, antara lain, melakukan kanalisasi di KM 45A (tepat di depan TIP 45A) sampai di KM 46 (Polingga) dan melakukan contra flow mulai dari GT Ciawi 1 (KM 44A) sampai KM 46+200A.

Pengguna Jalan Tol Jagorawi pun menyambut positif pemberlakukan contra flow di Tol Jagorawi. Terima kasih Jasa Marga, perjalanan saya menuju Puncak lancar, tidak antre lagi di GT Ciawi karena penerapan contra flow. Kalau sebelumnya macet parah. Saya berharap contra flow di Tol Jagorawi terus dilakukan,” ujar Emmy Suryatin, warga Cililitan, Jakarta Timur.

Uji coba contra flow Ciawi pertama kalinya dilakukan pada 11 Agustus 2018.

Tercatat PT Jasa Marga sudah melakukan contra flow di kawasan tersebut sebanyak enam kali (11 Agustus, 17 Agustus, 1 September, 8 September, 15 September dan 22 September 2018).

Dari hasil evaluasi, proporsi kendaraan yang menuju Puncak dan Sukabumi/Gadog 50%:50%.(dod)

Komentar Pembaca