Pahlawan Era Milenial Ala Komunitas Pesepeda Jakarta

Olahraga  SABTU, 10 NOVEMBER 2018 , 09:21:00 WIB

Pahlawan Era Milenial Ala Komunitas Pesepeda Jakarta

Komunitas Sepeda Jakarta Night Ride/RMOL

Pahlawan tak hanya identik dengan orang yang berjasa dan sudah wafat. Pahlawan di era milenial saat ini dapat dimaknai dengan orang yang menghargai diri sendiri dan lingkungannya.

Demikian dikatakan Hendro Talenta, salah seorang pesepeda yang tergabung dalam komunitas sepeda Jakarta Night Ride.

"Pahlawan selama ini yang kita kenal sudah gugur dan berjasa bagi bangsa. Tapi sekarang tinggal kita melanjutkan menjadi pahlawan di era kekinian yakni mereka yang berani ambil peran terhadap lingkungan," ujar Hendro, usai gowes bersama ratusan pesepeda di Jakarta Internasional Velodrome, Jakarta Timur, Jumat malam (9/11).

Gowes dengan beragam kelompok dan tergabung dalam komunitas Jakarta Night Ride yang digelar kedua kali ini merupakan gerakan yang bermanfaat bagi lingkungan dengan cara bersepeda yang disiplin. Gowes dimulai (start) di Patung Kuda, Jakarta Pusat dan berakhir (finish) di Jakarta Internasional Velodrome.

Disiplin dalam hal ini, kata Hendro, adalah tidak membuang sampah sembarangan, disiplin berlalu lintas dan menjadi teladan bagi sesama pengendara di jalan raya.

"Para pesepeda perlu memiliki semangat kedisplinan dimulai dari latihan konsisten terus menerus. Impian kita agar Jakarta bisa menjadi kota yang bersahabat bagi pesepeda dan mengedepankan transportasi publik yang ramah lingkungan," harapnya.

Adi, salah satu pesepeda lainnya mengatakan, bersepeda tak hanya tentang pola olahraga dan hidup sehat. Bersepeda juga merupakan transportasi yang murah dan ramah lingkungan.

"Terlepas dari apapun merek sepedanya, bersepeda itu sehat. Sekarang sudah mulai tumbuh orang-orang yang bersepeda ke tempat kerja, beraktivitas sehari-hari," ujarnya.

Dari hal itu, tambah Adi, yang harus dipupuk dan digerakkan adalah kedisiplinan dan konsisten.

"Nggak usah bawa minuman kemasan, nggak ngerokok di jalan. Biar semua bersih dan sehat," kata dia.(dod/lov)

Komentar Pembaca