Kata Anies, Data Jokowi Soal Kerugian Macet Salah

Jakarta  RABU, 09 JANUARI 2019 , 22:13:00 WIB

Kata Anies, Data Jokowi Soal Kerugian Macet Salah

Anies Baswedan/Ist

Data Presiden Joko Widodo alias Jokowi soal kerugian kemacetan di Jabodetabek sebesar Rp 65 miliar per tahun ternyata salah. Hal ini dikoreksi langsung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Menurut Anies, data teranyar bahwa kemacetan yang terjadi di wilayah Jabodetabek telah menyebabkan kerugian negara hingga Rp 100 triliun pertahun.

"Angka itu dikoreksi oleh Pak Wakil Presiden, dan kami juga angkanya sama, yaitu Rp 100 T triliun, bukan Rp 65 triliun lagi," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (9/1).

Anies menuturkan, kemacetan tersebut terjadi karena adanya kewenangan transportasi umum yang masih tersebar antar daerah.

Menurut Anies, jika kewenangan tersebut berpusat dalam satu komando, maka kemacetan tersebut bisa teratasi.  Apalagi jika diimbangi dengan sumber daya yang berjalan seiringan.

"Karena itu kewenangan harus dikonsolidasi. Jadi arahan kemarin adalah dikonsolidasi ke DKI, dan beberapa kali DKI ditanya kesiapannya dan kita siap. Jakarta siap," ujar Anies.

Untuk diketahui, pemerintah pusat memberikan kewenangan untuk melakukan pengaturan intergrasi antar moda transportasi kepada ibukota Jakarta sebagai upaya menekan jumlah kemacetan di Jabodetabek tersebut.(dod)

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00