Cashwagon Ungkap Kasus Penipuan Pinjaman Melalui Fintech

Ragam  SELASA, 26 FEBRUARI 2019 , 18:46:00 WIB | LAPORAN:

Cashwagon Ungkap Kasus Penipuan Pinjaman Melalui Fintech

Asri Anjarsari/Zul

Perusahaan keuangan berplatform fintech  Cashwagon (PT Kas Wagon Indonesia) mengaku telah mendeteksi aksi penipuan pengajuan pinjaman yang dilakukan sindikat kriminal. Beberapa kasus diantaranya telah diserahkan kapada pihak yang berwajib.

Hal ini  ini diungkapkan CEO PT. Kas Wagon Indonesia yang mengoperasikan platform fintech Cashwagon, Asri Anjarsari dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi, Selasa (26/2).

Menurut dia, keberhasilan itu berkat sistem kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligent) deteksi yang diterapka Cashwagon. Dengan sistem yang digunakan tersebut, sangat memungkinkan pihaknya mendeteksi dan menelusuri skema kejahatan penipuan yang para pelaku kejahatan.

"Beberapa kasus yang  kami temui sangat berbahaya karena mereka menggunakan data asli milik orang lain, sehingga reputasi orang tersebut bisa menjadi jelek nantinya. Sebagian kasus sudah kami laporkan ke Cybercrime Polri,” ungkap dia.

Berdasarkan sistem pemrosesan aplikasi Cashwagon, terang dia, terungkap bahwa pelaku penipuan mencoba untuk mengajukan pinjaman ke pemberi pinjaman menggunakan dokumen orang sungguhan yang bukan milik penipu. Sindikat penipu ini melakukan pinjaman dari berbagai perangkat dengan lokasi geografis yang berbeda-beda.

"Melalui jejak digital yang diperoleh, platform Cashwagon memungkinkan untuk melacak pola penjahat dan menetapkan identitas pelaku penipuan dan lokasi mereka," papar Asri.

Dalam kerja sama yang erat dengan polisi cybercrime, Cashwagon menghasilkan bukti kuat kasus penipuan ini.

Kebijakan anti-penipuan internal Cashwagon ini, terang dia, sepenuhnya dilakukan untuk mematuhi persyaratan OJK dan dirancang untuk memberikan layanan keuangan yang sehat dan dapat diandalkan kepada publik, melindungi kepentingan investor secara menyeluruh dan mencegah kejahatan.

"Prioritas utama Cashwagon adalah keselamatan pelanggannya sehingga perusahaan melakukan segala upaya untuk melindungi mereka," tandasnya.(dod)

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00

Bangunan Ruko Di Cideng Ambruk

Bangunan Ruko Di Cideng Ambruk

KAMIS, 03 SEPTEMBER 2020 , 17:03:00