Bulan Puasa, Jam Macet Bergeser

Jakarta  SENIN, 06 MEI 2019 , 23:10:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Bulan Puasa, Jam Macet Bergeser

Tol dalam kota macet/Net

Selama bulan puasa diprediksi bakal terjadi pergeseran jam kepadatan kendaraan. Pada pagi hari waktu kepadatan arus lalu lintas yang sebelumnya mulai pukul 05.30 WIB di daerah penyangga dan pukul 06.00 WIB di dalam kota, diprediksi akan bergeser sekitar pukul 06.00 WIB di daerah penyangga dan 06.30 di dalam kota.

Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Muhammad Nasir mengatakan, perubahan terjadi karena waktu masuk kantor sesuai pemberitahuan pemerintah yakni, pukul 08.00 WIB.

"Pulang kantor berdasarkan aturan pemerintah dipercepat pukul 15.00 WIB, jadi pergerakan arus lalu lintas akan ikut bergeser sekitar pukul 15.00-18.00 WIB," kata Nasir, Senin (6/5).

Dikatakan Nasir, pagelaran personel lalu lintas juga akan bergeser waktu dan tempatnya untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas).

"Tempat kerawanan Kamseltibcar Lantas yang paling dominan adalah perkantoran, pasar tradisional dan pasar modern, tempat ibadah, lokasi kuliner (jelang buka puasa), pasar kaget yang ada di sepanjang jalan dan lokasi pemukiman serta perkantoran. Pergeseran tempat rawan Kamseltibcar Lantas ini bersifat situasional dan dalam jangka yang pendek," ujar Nasir.

Menurut Nasir, Polantas akan berkoordinasi dengan unsur pengamanan lainnya, termasuk Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Satpol PP, Perumda Pasar Jaya, serta pengamanan internal obyek kuliner.

"Saat ini sudah terjadi pola kuliner itu bergeser ke jajanan jalanan yang sifatnya insidentil yaitu, pasar kaget dan food street yang berada di pinggir jalan dan kawasan tertentu. Lalu lintas bersifat mobile, maka petugasnya akan bergerak sesuai dengan permasalahan lalu lintas seperti macet, pelanggaran dan kecelakaan. Petugas lalu lintas akan mengikuti arus kebutuhan," pungkas Nasir.[dod]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Tower Di Lahan Fasum

Tower Di Lahan Fasum

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:29:00