Anies Soroti Pergub Bikinan Ahok Terkait Reklamasi

Megapolitan  RABU, 19 JUNI 2019 , 13:23:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Anies Soroti Pergub Bikinan Ahok Terkait Reklamasi

Anies Baswedan/Ist

Penerbitan IMB 942 bangunan di pulau buatan memasuki babak baru. Melalui keterangan tertulisnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mempertanyakan Peraturan Gubernur Nomor 206 Tahun 2016 yang kini juga dijadikannya sebagai landasan hukum untuk menerbitkan IMB di pulau reklamasi.

Menurut Anies, Pergub 206 tersebut diteken Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pada 25 Oktober 2016 atau beberapa hari sebelum cuti kampanye Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Saya juga punya pertanyaan yang sama, lazimnya tata kota ya diatur dalam perda bukan pergub. Itulah kelaziman dan prosedur yang tertib ya begitu. Memang konsekuensinya, menunggu selesainya perda itu perlu waktu lebih lama," kata Anies, Rabu (19/6).

Anies menjelaskan, bahwa ia menerima laporan dari bawahannya soal alasan penerbitan pergub alih-alih mengupayakan perda yang kedudukannya lebih tinggi.

Menurut jajaran di bawahnya, pembahasan perda terpaksa berhenti.

Sebab, Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta saat itu, Mohamad Sanusi, tertangkap tangan menerima suap dari pengembang reklamasi, yakni Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land Ariesman Widjaja.

"Beberapa anggota DPRD diperiksa KPK bahkan ada yang ditahan, itu sekitar pertengahan 2016, tetapi apa sebabnya kemudian keluar pergub tersebut di 25 Oktober 2016, saya tidak punya jawabannya," ujar Anies.

Menurut Anies, Pergub 206 itu memang dibuat untuk menjadi landasan hukum bagi kegiatan pembangunan di pulau reklamasi.

Anies juga meminta masyarakat menghargai pergub bikinan Ahok tersebut.

"Suka atau tidak terhadap isi pergub ini, faktanya pergub itu telah diundangkan dan telah menjadi sebuah dasar hukum dan mengikat," tutup Anies.[dod]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00

Bangunan Ruko Di Cideng Ambruk

Bangunan Ruko Di Cideng Ambruk

KAMIS, 03 SEPTEMBER 2020 , 17:03:00