Sampah Kabel Sumbat Aliran Limbah Mega Kuningan

Megapolitan  KAMIS, 18 JULI 2019 , 09:05:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Sampah Kabel Sumbat Aliran Limbah Mega Kuningan

Pembersihan sampah kabel/Ist

Luapan air limbah kawasan Mega Kuningan, Jalan Denpasar, Setiabudi, Jakarta Selatan, yang dilaporkan warga, akhirnya ditemukan penyebabnya.

Setelah dilakukan penelusuran oleh Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah (PD PAL) Jaya didapati tumpukan sampah kabel yang menyebabkan aliran limbah tersumbat.

Manajer Operasi dan Pemeliharaan PD PAL Jaya, Adri Potianti mengatakan, pihaknya menerima laporan adanya luapan air limbah di lokasi tersebut pada 2 Juli 2019 lalu. Setelah menerima laporan, PD PAL Jaya langsung melakukan tindak lanjut di lapangan.

"Temuan kami kondisi sampah kabel yang berada di dalam pipa menjadi kesulitan tersendiri, termasuk dalam penggunaan peralatan. Awalnya sampah agak padat sampai membuat peralatan kita patah berulang kali," kata Adri, Kamis (18/7).

Adri menjelaskan, berkat kerja operator yang berpengalaman, gangguan air limbah yang terjadi di jalur pipa air limbah Jalan Mega Kuningan-Denpasar secara bertahap dapat diatasi.

"Sumbatan kami dapat identifikasi manhole Jalan Denpasar berupa sampah kabel di dalam pipa," ujar Adri.

Pihaknya, sambung Adri, mengerahkan peralatan rodding untuk mengangkut sampah dari dalam pipa air limbah. Sampai saat ini pengerjaan masih terus dilakukan agar jalur pipa air limbah kembali normal.

"Masih terus kami tangani sampai tuntas karena aliran belum lancar total. Kami bekerja sama dengan Dinas LH untuk pengangkutan sampah kabel yang sudah berhasil dikeluarkan dari pipa saluran," tutup Adri.[dod]

Komentar Pembaca