Gemacita Dukung Upaya Banding Anies Soal Izin Reklamasi Pulau H

Hukum  SELASA, 30 JULI 2019 , 06:52:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Gemacita Dukung Upaya Banding Anies Soal Izin Reklamasi Pulau H

Anies Baswedan/RMOL

Langkah tegas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang akan melakukan upaya banding atas putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta yang membatalkan keputusan Pemprov DKI Jakarta tentang pemberian izin reklamasi pulau H, memperoleh dukungan publik.

"Kami mendukung Pak Anies menghentikan proyek reklamasi," kata Sekjen Gerakan Masyarakat Cinta Jakarta (Gemacita) Hilman Firmansyah melalui keterangan tertulisnya kepada Kantor Berita RMOLJakarta, Selasa (30/7).

Kata Hilman, Gemacita menolak keras pemberian izin pelaksanaan reklamasi Pulau H maupun pulau reklamasi lainnya.

"Kita akan terus melawan pengembang yang mau melanjutkan reklamasi," tegas Hilman.

Gemacita juga akan mengajak warga Jakarta bersama Gubernur Anies untuk terus berjuang menghentikan pelaksanaan reklamasi pulau di ibukota.

Dalam pernyataannya, Anies Baswedan menilai, setiap warga negara memiliki hak untuk menggunakan jalur hukum dalam semua urusan. Sementara Pemprov DKI Jakarta juga akan konsisten terus mengusahakan agar semua cara hukum yang legal ditempuh untuk menghentikan reklamasi.

"Kita menghormati putusan dari pengadilan sekaligus juga kita menunggu petikan resminya. Karena saat ini kita belum menerima petikan resminya. Sesudah kita menerima petikan resminya. Kita akan merespons secara hukum juga," kata Anies saat ditemui di daerah Rorotan, Jakarta Utara, Senin (29/7).

"Tapi intinya kita enggak akan mundur. Kita menghormati pengadilan, tapi kita akan terus melawan pengembang yang berencana melanjutkan reklamasi," lanjut Anies.

Anies juga berencana mengajukan banding terhadap putusan PTUN tersebut, namun ia harus menerima petikan resminya terlebih dahulu.

"Tapi yang jelas kami akan terus melawan pengembang yang mau melanjutkan reklamasi karena kita akan hentikan reklamasi itu," ujar Anies.

PTUN Jakarta membatalkan keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tentang pemberian izin reklamasi pulau H. PTUN menyatakan menerima gugatan yang dilayangkan PT Taman Harapan Indah sejak Februari 2019 lalu.

"Mengabulkan Gugatan Penggugat untuk seluruhnya," Isi amar putusan sebagaimana dilansir dari laman resmi PTUN Jakarta, Senin (29/7).

Dalam amar putusan, majelis hakim menyatakan batal Keputusan Gubernur Nomor 1409 Tahun 2018 tanggal 6 September 2018 sepanjang menyangkut pencabutan keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 2637 Tahun 2015 tentang Pemberian Izin Pelaksanaan Reklamasi Pulau H Kepada PT Taman Harapan Indah.[dod]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Kopassus-Koopsus TNI Gelar Olahraga Bersama Di Makopassus Cijantung
Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00