Banjir Protes, Anies Tak Goyah Gelar Upacara di Pulau Reklamasi

Megapolitan  RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 15:38:00 WIB | LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA

Banjir Protes, Anies Tak Goyah Gelar Upacara  di Pulau Reklamasi

Anies Baswedan/RMOL

Banjir protes di media sosial senyatanya tak menggoyahkan keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menggelar upacara HUT Kemerdekaan 17 Agustus 2019 di Pantai Maju atau Pulau D, Teluk Jakarta. Pasalnya, tahun-tahun sebelumnya upacara rutin dilaksanakan di silang Monas.

Menurut Anies, upacara yang diadakan di pulau reklamasi memberi pesan bahwa kawasan itu tidak lagi tertutup atau ekslusif seperti dahulu.

"Untuk menyimbolkan dari kepemilikan ini adalah milik negara, bukan milik pribadi. Maka kita menyelenggarakan upacara disana sebagai simbol bahwa itu tanah kita, itu air kita, itu tanah air kita dan kita selenggarakan Peringatan Kemerdekaan tanah air ini di hasil tanah yang dulunya dikuasai dan tertutup oleh swasta," kata Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (14/8).

Justru momentum peringatan Hari Kemerdekaan inilah yang nanti akan menjadi cikal bakal atau langkah awal bahwa tanah di pulau reklamasi tidak lagi dimiliki oleh pihak swasta.

"Karena itu kita selenggarakan upacara bendera di tempat itu menandai itu bahwa tanah di bawah kibaran merah putih," ujar Anies.

Diketahui, Anies menerbitkan Instruksi Gubernur (Ingub) 71 Tahun 2019 tentang Upacara Pengibaran Bendera Dalam Rangka Peringatan HUT RI Ke-74. Ingub itu ditetapkan di Jakarta pada 12 Agustus 2019.

Tercatat dalam Ingub tersebut, PNS di lingkungan Pemprov DKI diwajibkan untuk melaksanakan upacara 17 Agustus di Pantai Maju atau Pulau Reklamasi kawasan Teluk Jakarta. Kegiatan itu berlangsung pada Sabtu, 17 Agustus 2019 sekira pukul 07.30 WIB.[dod]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00

Bangunan Ruko Di Cideng Ambruk

Bangunan Ruko Di Cideng Ambruk

KAMIS, 03 SEPTEMBER 2020 , 17:03:00