Anies Tegaskan Lahan Reklamasi Milik RI

Megapolitan  JUM'AT, 16 AGUSTUS 2019 , 10:47:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Anies Tegaskan Lahan Reklamasi Milik RI

Anies Baswedan/RMOL

.RMOLJakarta.Lewat media sosial, beredar potongan video terkait alasan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menggelar upacara HUT ke-74 RI pada 17 Agustus 2019 di Pantai Maju, Jakarta Utara. Lokasi tersebut merupakan lahan reklamasi yang dikenal dengan sebutan Pulau D.

Alasan Anies menggelar upacara 17 Agustus di pulau reklamasi karena ingin menegaskan kepemilikan pulau reklamasi adalah milik masyarakat umum.

Anies mengatakan, semua masyarakat umum bisa mengakses pulau tersebut tanpa harus dibatasi oleh pihak tertentu atau swasta.

"Dulu lahan reklamasi adalah wilayah tertutup, bahkan media pun masuk ke sana tidak bisa, dijaga ketat seakan-akan itu milik pribadi, seakan-akan milik swasta. Kemudian, kita ubah kawasan itu menjadi kawasan milik Republik Indonesia, yang seluruh warga negara bebas bisa masuk ke kawasan itu," kata Anies yang dikutip dari channel Youtube, Jumat (16/8).

Anies menegaskan, upacara 17 Agustus di pulau reklamasi nanti untuk menyimbolkan dari kepemilikan ini adalah milik negara, bukan milik pribadi. Karena itu, Pemprov DKI menyelenggarakan upacara di sana sebagai simbol bahwa itu tanah Indonesia, itu air Indonesia.

"Itu tanah air kita dan kita selenggarakan peringatan kemerdekaan Tanah Air ini di hasil tanah yang dulunya dikuasai dan tertutup oleh swasta. Jadi, ini adalah sebuah pesan tidak ada wilayah eksklusif, tertutup, ini adalah milik kami, milik Republik Indonesia," terang Anies.

Itulah pesan penting diselenggarakannya upacara bendera 17 Agustus 2019 di tempat pulau reklamasi itu. Hal ini menandai tanah pulau reklamasi masih berada di bawah kibaran Merah Putih.

Diketahui sebelumnya Anies mengeluarkan Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 71 dan 72 tahun 2019 tentang Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019.

Aturan itu menginstruksikan sejumlah ASN dari lima wilayah kota administratif untuk wajib mengikuti upacara di pulau reklamasi.

Para peserta upacara diminta hadir dan sudah siap di lokasi pada pukul 07.00 WIB. Untuk akses menuju Pantai Maju, pihak penyelenggara akan menyiapkan bus yang akan berangkat paling lambat pada pukul 05.30 WIB.[dod]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Kopassus-Koopsus TNI Gelar Olahraga Bersama Di Makopassus Cijantung
Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00