Tak Hadiri Upacara di Pulau Reklamasi, PNS Dimbau Lapor Lewat WhatsApp

Megapolitan  JUM'AT, 16 AGUSTUS 2019 , 14:47:00 WIB | LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA

Tak Hadiri Upacara di Pulau Reklamasi, PNS Dimbau Lapor Lewat WhatsApp

Chaidir/Net

Seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta wajib hadir dalam upacara Peringatan Kemerdekaan Indonesia ke-74 yang digelar di Pulau Reklamasi.

Hal ini juga sesuai dengan arahan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dimana Upacara tahun ini juga dinilai berbeda dari sebelumnya, karena baru kali pertama diadakan di Pulau Reklamasi, Jakarta Utara.

"Kami sudah imbau kepada PNS untuk menghadiri kegiatan upacara HUT Kemerdekaan Indonesia di Pulau Reklamasi sesuai arahan pak Gubernur," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, Chaidir, saat dikonfirmasi, Jumat (16/8).

Menurutnya, peraturan ini sudah tertuang dalam PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Dimana salah satu pasalnya mengatur bahwa PNS diwajibkan mengikuti upacara peringatan Kemerdekaan Indonesia dimanapun mereka ditugaskan.

"Sebagai PNS tentu acara ini wajib dihadiri karena mengacu pada PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Displin PSN. Jadi dimana pun tempatnya berada mereka wajib mengikuti acara itu. Selain melaksanakan tugas-tugasnya dalam melayani masyarakat, mereka harus mengikuti upacara nasional karena bagian dari tugas juga," tambahnya.

Namun, bila ada PNS yang berhalangan hadir saat upacara, Chaidir menyarankan agar memberi tahu serta mengirimkan surat izin kepada atasannta di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) masing-masing agar atasan mereka mengetahui alasan mengapa tidak hadir dalam upacara.

"Bisa juga menggunakan pesan WA atau email yang ditujukan ke atasan," ujar Chaidir.

"Bagi pegawai yang berencana tidak hadir karena ada urusan penting yang tidak bisa ditinggalkan, kami minta untuk membuat surat izin resmi. Tapi sebaiknya mereka melapor dulu ke bagian kepegawaian di masing-masing SKPD. Cara melapornya bisa lewat WA, telepon, bahkan email," tutupnya.

Diketahui sebelumnya, Anies menerbitkan Instruksi Gubernur (Ingub) 71 Tahin 2019 tentang Upacara Pengibaran Bendera Dalam Rangka Peringatan HUT RI ke-74. Instruksi itu ditetapkan di Jakarta pada 12 Agustus 2019.

Dalam Ingub tersebut, PNS di lingkungan Pemprov DKI diwajibkan untuk melaksanakan upacara 17 Agustus di Pantai Maju atau Pulau Reklamasi kawasan Teluk Jakarta. Kegiatan itu berlangsung pada Sabtu, 17 Agustus 2019 sekira pukul 07.30 WIB.[dod]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00

Bangunan Ruko Di Cideng Ambruk

Bangunan Ruko Di Cideng Ambruk

KAMIS, 03 SEPTEMBER 2020 , 17:03:00