Anies Inginkan Seluruh Warga Tak Kekurangan Air Bersih

Jakarta  KAMIS, 26 SEPTEMBER 2019 , 19:53:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Anies Inginkan Seluruh Warga Tak Kekurangan Air Bersih

Anies Baswedan/Ist

Selama beberapa bulan terakhir ibukota dilanda musim kemarau. Akibatnya di beberapa wilayah mulai menghadapi kekurangan air bersih.

Menyikapi kondisi tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menggelar apel Satgas Air Bersih di Lapangan Monas yang melibatkan 1.162 personel.

Ribuan personel itu terdiri dari unsur pemerintahan maupun non-pemerintah. Hal ini untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan air bersih bagi warga Jakarta.

"Kita berada di tempat ini untuk mengingatkan kepada semuanya bahwa kita harus melakukan cara yang benar, baik dan juga legal untuk memastikan pasokan air bersih kebutuhan seluruh warga di Jakarta bisa terpenuhi," kata Anies, Kamis (26/9).

"Kita harus siap, artinya kita mulai lebih responsif. Tanggap artinya begitu ada laporan, begitu ada potensi masalah, langsung bereaksi dan bertindak. Galang artinya jangan dikerjakan sendirian, ajak yang lain untuk terlibat," sambungnya.

Berdasarkan data BMKG, ada 15 kecamatan yang masuk dalam kategori awas atas potensi kekeringan.

"BMKG bilang diatas 60 hari tidak turun hujan, itu masuk wilayah potensi masalah," ujar Anies.

Satgas Air Bersih bertugas melaksanakan penanganan pemberian bantuan air bersih kepada masyarakat Jakarta yang kawasannya mengalami kekeringan.

"Semua tempat yang kekurangan air harus terdeteksi, lalu kita akan menyiapkan pasokan airnya. Pasokan airnya dari Pam Jaya, lalu kita siapkan dengan semua cara yang ada," ungkap Anies.

Cara yang dimaksud yakni menggunakan tangki atau penyimpanan sementara. Hal itu dilakukan, karena Anies ingin memastikan tidak boleh ada lingkungan di Jakarta yang kekurangan air bersih. [dod]

Komentar Pembaca
Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 10:50:00

Penyuluhan Corona Di CFD

Penyuluhan Corona Di CFD

MINGGU, 08 MARET 2020 , 08:59:00

Cek Suhu Tubuh PNS Pemprov DKI Jakarta

Cek Suhu Tubuh PNS Pemprov DKI Jakarta

RABU, 04 MARET 2020 , 10:02:00