Perbaiki Kualitas Udara, Anies Bebaskan Pajak Balik Nama Kendaraan Listrik

Megapolitan  MINGGU, 27 OKTOBER 2019 , 21:03:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Perbaiki Kualitas Udara, Anies Bebaskan Pajak Balik Nama Kendaraan Listrik

Anies Baswedan/Ist

Usai melakukan karnaval mobil listrik bertema 'Jakarta Langit Biru', Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan akan mendorong lebih banyak kendaraan yang bebas emisi.

"Kami di Pemprov DKI Jakarta juga membangun jalur-jalur sepeda supaya lebih banyak warga menggunakan sepeda," ujar Anies, Minggu, (27/10).

"Selain itu kita juga mendorong agar kendaraan-kendaraan bermotor berbasis listrik lebih banyak digunakan," sambung Anies.

Untuk itu, Pemprov DKI akan membebaskan pajak balik nama untuk kendaraan-kendaraan bermotor berbasis listrik, baik roda dua maupun roda empat.

Hal itu dilakukan dengan harapan agar kendaraan-kendaraan berbasis listrik ini tidak lagi dimasukkan dalam kategori barang mewah.

"Sehingga dia tidak kena pajak yang begitu besar," kata Anies.

Pemprov DKI Jakarta berkeinginan juga untuk memperbanyak kendaraan-kendaraan berbasis listrik di Ibukota.

"Tetapi apabila harganya masih amat mahal karena masuk kategori barang mewah, maka sulit bagi kami memberikan justifikasinya, begitu juga dengan masyarakat umum," ucap Anies.

"Saat ini Pemprov sedang berusaha memberikan kelonggaran supaya Jakarta makin cepat menjadi kota yang kualitas udaranya lebih baik," demikian Anies.[dod]

Komentar Pembaca