Bangunan 3 Lantai Tanpa IMB Di Sumur Batu Disoal Warga

Megapolitan  MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 07:59:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Bangunan 3 Lantai Tanpa IMB Di Sumur Batu Disoal Warga

Bangunan tanpa IMB/Ist

Warga Sumur Batu, Kemayoran, Jakarta Pusat mempersoalkan bangunan tiga lantai tanpa IMB yang berdiri di wilayahnya.

Keberadaan bangunan tersebut kabarnya sudah dilaporkan ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Inspektorat DKI, namun hingga kini tak ada tindakan tegas.

Ketua Lembaga Pemantau Penyimpangan Aparatur Daerah (LP2AD) Victor Irianto Napitupulu mengatakan, berdirinya bangunan tanpa IMB diduga karena minimnya pengawasan dari petugas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Citata) mulai dari tingkat kecamatan, Sudin Citata dan Dinas Citata DKI Jakarta.

"Harusnya laporan warga cepat direspon, bukan malah dibiarkan," kata Victor melalui keterangan tertulisnya, Minggu (10/11).

Victor mendorong agar pejabat yang malas-malasan menanggapi laporan warga. Terlebih yang terkait pelanggaran IMB.

"Ganti saja pejabat yang lambat. Selan itu, sudah saatnya Kajari Jakarta Pusat turun ke lapangan untuk mengamati maraknya pelanggaran bangunan di Jakarta Pusat," tegas Victor.

Sementara itu, Saino (52), warga setempat, mengungkapkan bahwa bangunan akibat maraknya pembangunan tersebut, Jalan Inspeksi Kali Item RT 017 / 02, Sumur Batu jadi tertutup.

"Warga jadi nggak bisa lewat lagi," ujar Saino.

Hal senada juga disampaikan Romy (45). Menurutnya, warga sudah melayangkan surat ke Gubernur DKI dan Inspektorat DKI sudah dua kali kirim surat terkait dengan pembangunan tiga lantai tanpa IMB namun tidak ada respon.

"Kami khawatir jika terjadi musibah kebakaran akses jalan mobilisasi kendaraan Gulkarmat tidak bisa dilalui karena akses tertutup dengan maraknya bangunan liar," ungkap Romy.

Informasi yang diperoleh, pembangunan tiga lantai di Jalan Inspeksi Kali Item RT 017/ 02 Sumur Batu, sudah disegel petugas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Citata) Kecamatan Kemayoran, namun pembangunannya terus berlanjut.[dod]

Komentar Pembaca