Peringati Hari Pahlawan, Anies Ajak Anak Muda Terlibat Selesaikan Masalah Bangsa

Peristiwa  MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 11:06:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Peringati Hari Pahlawan, Anies Ajak Anak Muda Terlibat Selesaikan Masalah Bangsa

Anies Baswedan/RMOL

Indonesia selalu mengingat tanggal 10 November yang jatuh pada hari ini sebagai Hari Pahlawan.

Dimana telah terjadi sebuah peristiwa besar yaitu pertempuran di Surabaya yang merupakan perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan konial setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Oleh sebab itu, untuk memperingati Hari Pahlawan, Pemprov DKI Jakarta menggelar upacara di Silang Monas, Jakarta yang diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov DKI.

Selain itu dihadiri pula segenap jajaran dari Polri dan TNI serta organisasi masyarakat. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sendiri bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan Hari Pahlawan tersebut.

"Para sejarawan yang akan menulis tindakan kita hari ini. Label pahlawan adalah urusan sejarawan. Tugas kita hari ini adalah menyelesaikan masalah yang ada di hadapan kita," kata Anies, Minggu (10/11).

Dalam kesempatan tersebut di hadapan 6.000 peserta upacara, Anies bercerita bahwa pertempuran Surabaya diperjuangkan oleh mayoritas anak muda.

"Mereka tidak mau kolonial kembali menjajah bangsa ini. Mereka melihat masalah dan mereka tidak diam saja," ujar Anies.

Anies menegaskan bahwa pemuda saat itu tidak berpikir masalah keamanan adalah urusan Menteri Pertahanan semata. Namun mereka langsung terlibat dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Mengaitkan dengan peristiwa yang terjadi hari ini, Anies mengatakan bahwa ada banyak masalah di sekitar kita.

"Maka ambilah masalah itu. Selesaikan masalahnya. Biarkan anak dan cucu yang menyebut anda sebagai pahlawan," tutur Anies.

"Ini peringatan buat kita semua. Kita hari ini selesaikan masalah Jakarta semoga itu dinilai sebagai tindakan kepahlawanan," pungkasnya.[dod]

Komentar Pembaca